Microsoft Excel - Rumus Excel (SUM, VLOOKUP, HLOOKUP, IF TUNGGAL, IF GANDA, MAX, MIN)

SUM

SUM merupakan fungsi untuk menghitung total dari sejumlah cell yang dipilih (harus angka). Cara menggunakan SUM adalah dengan ketik =SUM(cell pertama:cell terakhir).
Contoh: =SUM(B3:B7)

AVERAGE

AVERAGE merupakan fungsi untuk menentukan nilai rata-rata dari sejumlah cell yang dipilih (harus angka). Cara menggunakan AVERAGE adalah dengan mengetik =AVERAGE(cell pertama:cell terakhir)
Contoh: =AVERAGE(B3:B7)

HLookup

HLookup adalah fungsi untuk melakukan pencarian secara horizontal dengan mencari nilai baris mulai dari kiri atas tabel ke kanan bawah tabel yang kemudian mengembalikan nilai dalam kolom yang sama berdasarkan isi cell tersebut. Cara menggunakan HLookup adalah =HLOOKUP(value,table,index_number,[not_exact_match])
  • Value adalah nilai untuk mencari baris pertama dari tabel yang ingin diisi.
  • Table adalah kumpulan data yang dipilih yang pasti lebih dari 1 baris cell.
  • index_number adalah penentuan jumlah baris dalam tabel mana yang sesuai untuk dikembalikan. Baris pertama adalah 1.
  • not_exact_match adalah sebuah pilihan apakah kamu mencari nilai yang benar-benar sesuai atau tidak.
Contoh: =HLOOKUP(A3,D2:H3,2,FALSE)

VLookup

VLookup adalah fungsi untuk melakukan pencarian secara vertikal. Mirip seperti HLookup tetapi untuk versi vertikal. Cara menggunakan VLookup adalah =VLOOKUP(lookup_value,table_array,column_index_number,[range_lookup])
  • lookup_value adalah kondisi dimana kamu mencari nilai yang kamu inginkan dari tabel yang dipilih.
  • table_array adalah dua atau lebih kolom tabel yang berisi data, bisa berupa angka, teks, tanggal dan lainnya.
  • index_number adalah penentuan jumlah baris dalam tabel mana yang sesuai untuk dikembalikan. Baris pertama adalah 1.
  • not_exact_match adalah sebuah pilihan apakah kamu mencari nilai yang benar-benar sesuai atau tidak.
Contoh: =VLOOKUP(100,A3:B7,2,FALSE)

IF Tunggal

IF adalah sebuah fungsi Excel dimana kamu bisa menentukan value dari dua kondisi yang berbeda. Contoh menggunakan IF adalah =IF(logical_test_value,value_if_true,value_if_false).
Contoh: =IF(A3>100,"read","download")

IF Ganda

IF ganda bisa digunakan ketika kamu ingin menentukan satu value tetapi kondisinya lebih dari dua kondisi sehingga perlu keakuratan yang lebih tinggi. IF ganda adalah penggunaan IF dalam IF dan dalam hal ini IF tersebut bisa digunakan lebih dari satu kali.
Contoh: IF(A5>102,"write",IF(A5>101,"read","download))

MAX

Fungsi MAX adalah untuk menemukan value terbesar dari kumpulan data yang dipilih, dalam hal ini value merupakan angka. Cara menggunakan =MAX(range_table)
Contoh =MAX(C2:C8)

MIN

Fungsi MIN sama seperti MAX tetapi untuk mencari value terkecil dari kumpulan data yang dipilih, dalam hal ini value berupa angka. Cara menggunakan =MIN(range_table)
Contoh =MIN(C2:C8)


sumber : jalantikus.com

Microsoft Excel - Rumus SUMIF

Bagaimana Contoh Penggunaan Rumus SUMIF?

Rumus SUMIF biasanya digunakan untuk menghitung jumlah dengan kriteria tertentu dalam range. Jika kita contohkan dalam kehidupan sehari-hari dalam pekerjaan misalnya kita mempunyai data tabel penjualan, nah untuk menghitung berapa jumlah terjual untuk nama barang tertentu tersebut?

Berikut contoh tabel penjualan dengan rumus SUMIF


Dari tabel diatas terlihat ada 5 buah transaksi penjualan dengan masing-masing nama barang yang terjual disertai dengan jumlah barang terjual.

Lalu misalnya kita akan mencari tahu berapa jumlah barang yang terjual untuk Shampo Clear tersebut?

Silakan tuliskan rumus
=SUMIF(C2:C6,"Shampo Clear",D2:D6)
Hasilnya adalah : 11


Lalu berapa bagaimana cara menghitung berapa jumlah Shampo Clear? Untuk menghitung dengan kriteria tertentu rumus yang digunakan rumus COUNTIF. Untuk materi ini sudah saya bahas sebelumnya dan silakan lihat

Menghitung jumlah siswa laki-laki dengan COUNTIF

Saya kira rumus ini sudah banyak digunakan sehingga tidak asing lagi bagi para pengguna Excel, Lalu bagaimana cara menghitung jumlah Sabun Give yang terjual? dan Pantene. Silakan Anda tuliskan rumus yang sama dengan rumus diatas dan ganti kriteria untuk menentukan pencariannya.


=SUMIF(C2:C6,"Pantene",D2:D6)
hasilnya adalah :  5

=SUMIF(C2:C6,"Sabun Give",D2:D6)
Hasilnya adalah : 3


Contoh Penggunaan Rumus SUMIF dengan VBA

Bagi pecinta coding VBA ada cara untuk menyelesaikan rumus SUMIF dengan VBA dan caranya yaitu silakan buat satu buah Module kemudian ketikkan coding berikut

Sub RumusSUMIF()
Dim Hasil As Range
Set Hasil = Sheets(1).Range("D8")
    Hasil = Application.SumIf(Range("C2:C6"), "Shampo Clear", Range("D2:D6"))
End Sub
Keterangan :
Set Hasil = Sheets(1).Range("D8") merupakan hasil dari rumus SUMIF akan dituliskan di cell D8
Hasil = Application.SumIf(Range("C2:C6"), "Shampo Clear", Range("D2:D6")) ini berarti sama kita menuliskan rumus =SUMIF(C2:C6,"Shampo Clear",D2:D6).


sumber : excel-id.com

Microsoft Excel - Rumus Matematika (Fungsi COUNT, COUNTIF dan COUNTIFS)



Fungsi COUNT

Fungsi COUNT digunakan untuk menghitung jumlah cell yang berisikan angka.
Syntax: COUNT(value1, [value2], ..)
Misal ada data seperti gambar dibawah.

 
 

Berapa banyak jenis baju yang ada disemua rak?. Untuk menghitungnya digunakan fungsi COUNT. Letakkan kursor dicell C13, ketikkan “=COUNT(C3:C11)” (tanpa petik). Hasilnya seperti gambar dibawah.

 


Ada 9 jenis baju yang tersimpan diberbagai rak.

Fungsi COUNTIF

Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah cell yang sesuai dengan kondisi tertentu.
Syntax: COUNTIF(range, criteria)
Dengan data yang sama dari contoh sebelumnya. Berapa banyak jenis baju yang ada di Rak 1?.
Letakkan kursor di cell C14, ketikkan “=COUNTIF(A3:A11,”Rak 1″)” (tanpa petik). Hasilnya seperti gambar dibawah.




Ada 4 jenis baju yang tersimpan di Rak 1.

Fungsi COUNTIFS

Fungsi COUNTIFS adalah fungsi COUNTIF tetapi dengan kondisi bisa lebih dari satu.
Syntax: COUNTIFS(criteria_range1, criteria1, [criteria_range2, criteria2]…)
Dengan data yang sama dari contoh sebelumnya. Berapa banyak jenis baju yang ada di Rak 1 dan Qty lebih dari 90?. Letakkan kursor di cell C15, ketikkan “=COUNTIFS(A3:A11,”Rak 1″,C3:C11,”>90″)” (tanpa petik). Hasilnya seperti gambar dibawah.


Ada 2 jenis baju yang tersimpan di Rak 1 dengan Qty lebih dari 90.

sumber : kampusexcel.com