IQRO' - BACALAH

Master Of Tutorial

Cari

Home » » Cara Mengganti #N/A #VALUE!, #REF!, #DIV/0!, #NUM!, #NAME?, atau #NULL!.Pada Vlookup di Excel menjadi 0 Nol

Cara Mengganti #N/A #VALUE!, #REF!, #DIV/0!, #NUM!, #NAME?, atau #NULL!.Pada Vlookup di Excel menjadi 0 Nol

Pada saat mencari data menggunakan fungsi vlookup di aplikasi ms.excel, terkadang nilai yang akan dikembalikan adalah #N/A.
Nilai #N/A ini akan dikembalikan jika nilai yang dicari tidak ditemukan atau terjadi kesalahan pada saat melakukan fungsi vlookup.
Jika hal ini terjadi, biasanya akan dilakukan penggantian nilai #N/A dengan nilai atau strings teks yang diinginkan dengan mengganti satu persatu atau menggunakan find dan replace.

Contoh Kesalahan #N/A Pada Excel

Gambar kesalahan n/a 1 dibawah ini merupakan sebuah contoh kesalahan yang mengembalikan #N/A pada saat melakukan vlookup. 
Kesalahan tersebut dapat dilihat pada sel B12 dan sel B13 yang diwarnai kuning pada tabel yang dibawah.
Contoh tersebut merupakan mencari nama barang pada array B11:B16 berdasarkan kode barang pada array A11:A16) pada tabel referensi yaitu tabel sebelah atas array A1:B8).
Dari hasil menggunakan fungsi vlookup tersebut, memang kode barang yang dicari yaitu item 2 dan item 3 tidak terdapat pada tabel referensi sehingga akan mengembalikan nilai #N/A.
#n/a pada vlookup excel
Kesalahan #N/A 1

Agar nilai yang dikembalikan tidak #N/A melainkan sebuah nilai atau strings teks berdasarkan keinginan kita, maka ada beberapa cara untuk melakukan hal ini.
Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengganti error #n/a pada saat melakukan fungsi vlookup di excel.

1. Dengan Fungsi IFERROR

Dengan menggabungkan fungsi vlookup dengan fungsi iferror merupakan salah satu cara untuk mengganti kesalahan yang mengembalikan nilai #n/a dengan nilai yang ditentukan.
Fungsi iferror sendiri akan mengganti kesalahan yang terjadi pada rumus excel yang terdiri dari  #N/A, #VALUE!, #REF!, #DIV/0!, #NUM!, #NAME?, atau #NULL!.

Contoh penggabungan fungsi ini, sobat excel bisa perhatikan pada gambar kesalahan #n/a 2 dibawah ini. 
Cara Mengganti #N/A Pada Vlookup di Excel
Kesalahan #N/A 2

Berikut ini contoh rumus formula penggabungan fungsi iferror dengan fungsi vlookup di excel untuk mengganti error #n/a yang terjadi (contoh rumus pada sel B11) :
=IFERROR(VLOOKUP(A11,A2:B8,2,0),"Pengganti")
Penjabaran daru rumus formula tersebut adalah jika terjadi kesalahan maka kembalikan nilai pengganti, jika tidak maka kembalikan nilai dengan fungsi vlookup =A11,A2:B8,2,0.
Baca juga : Fungsi iferror di excel. 

Sobat bisa mengganti stings teks pengganti dalam tanda "" (petik dua) untuk mengembalikan strings teks, sedangkan jika ingin mengembalikan nilai dengan angka maka sobat bisa hilangkan tanda petik dua tersebut.

2. Dengan Fungsi IF dan ISNA

Dengan menggunakan data yang sama pada contoh diatas, penggabungan fungsi if, isna dan vlookup untuk mengganti kesalahan #n/a menggunakan rumus formula :
=IF(ISNA(VLOOKUP(A11,A2:B8,2,0)),"Pengganti",VLOOKUP(A11,A2:B8,2,0))
Penggunaan fungsi ini lebih rumit dari cara yang pertama diatas, tetapi bisa digunakan sebagai alternatif jika sobat suka melakukan percobaan.

3. Dengan Fungsi IFNA

Cara ini bisa digunakan bagi sobat yang menggunakan aplikasi ms.excel 2013, fungsi ifna ini belum tersedia pada ms.excel 2007.
Dengan contoh data yang sama, sobat excel bisa menggunakan gabungan fungsi ifna dan fungsi vlookup ini pada ms.excel 2013 dengan rumus formula :
=IFNA(VLOOKUP(A11,A2:B8,2,0),"Pengganti")

Kesimpulan

Penggunaan fungsi-fungsi diatas ini akan dapat membantu pekerjaan dalam melakukan lookup data jika nilai yang dikembalikan berupa error seperti #N/A, #VALUE!, #REF!, #DIV/0!, #NUM!, #NAME?, atau #NULL! dengan mengganti nilainya.

Misalkan jika nilai pada suatu data yang dicari tidak ditemukan, maka diganti dengan 0.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas saran & kritiknya !!

Luas Lingkaran

MENGHITUNG LUAS LINGKARAN

Nilai jari-jari   = 

Terbaru

Lokasi Master of Tutorial

Anda Pengunjung ke :

Translate

Google+ Badge

Google+ Followers

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.