IQRO' - BACALAH

Master Of Tutorial

Cari

Home » » Lafadz, Bacaan Do'a Yang Berhubungan Dengan Berpakaian

Lafadz, Bacaan Do'a Yang Berhubungan Dengan Berpakaian

 بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
berpakaian yang sunnah

Memakai Baju.

Yang dimaksud baju atau pakaian adalah sesuatu yang melekat pada badan yang berfungsi menutup aurat baik laki-laki maupun perempuan.
Fungsi pakaian
Untuk menutup aurat
Sebagai perhiasan
Untuk perlindungan
Sebagai identitas 
doa berpakaian
Do'a Berpakaian.

Adab Berpakaian

  1. Membaca doa
  2. Memulai dengan anggota badan yang kanan
  3. Tidak berlebihan
  4. Tidak sombong
  5. Jangan berdandan ala dandanan jahiliyah (membuka dada, membuka betis, busana ketat, tato wajah, cukur alis, cukur rambut dahi, kikir gigi).
  6. Jangan menyerupai pakaian laki-laki bagi perempuan dan menyerupai pakaian  perempuan bagi laki-laki.
  7. Jangan menyerupai pakaian golongan (agama) lain

Prinsip berpakaian muslim

1.   Pakaian yang digunakan jangan ketat, sehingga lekuk-lekuk tubuh tidak kelihatan
2.   Menutup aurat, bahan (kain) jangan tembus pandang (transparan)
3.   Baju jangan dimasukkan ke celana panjang atau pakaian bawahan
4.   baju berada di bawah pantat
5.   Tidak menyerupai pakaian laki-laki
6.   Warna tidak mengundang perhatian orang lai/tidak menimbulkan rasa angkuh/ sombong bagi si pemakai.

Do'a Sewaktu Berpakaian 

  1. Diriwayatkan oleh Ibnus Sunni bahwa Nabi saw. bila mengenakan baju, kemeja, jubah atau serban, beliau mengucapkan: اَللّهُمَّ اِنِّيْ أَسْـأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِمَاهُوَلَهُ,وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَاهُوَلَهُ  (Ya Allah aku mohon kepada-Mu kebaikannya, dan kebaikan dari apa yang diperuntukkan baginya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan apa yang diperuntukkan baginya.
  2. Dan diriwayatkan dari Mu'adz bin Anas, bahwa Rasulullah saw. bersabda: "Barang siapa yang memakai pakaian baru, lalu mengucapkan:               اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَسَانِيْ هَذَا (الثَّوْبَ) وَرَزَقَنِيْهِ مِن ْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ  وَلاَ قُوَّةٍ.  (Segala puji bagi Allah yang telah menutupi badanku dengan pakaian ini serta menganugerahkannya kepadaku tanpa daya dan tenaga daripadaku) maka Allah akan mengampunni dosa-dosanya yang terdahulu." Disamping itu dusunatkan pula membaca bismillah dan seterusnya, karena segala sesuatu yang tidak disebut padanya nama Allah, tidak akan sempurna.

Do'a Ketika Membuka Pakaian

doa melepas baju
Do'a membuka Baju.
Driiwayatkan oleh Ibnus Sunni dari Anas bahwa Rasulullah saw. bersabda: "Untuk menutupi aurat manusia dari penglihatan jin, bila seorang Muslim bermaksud hendak membuka pakaiannya, ialah dengan membaca:  بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ  (Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain Dia)."

Do'a Jika Memakai Pakaian Baru.

  1. Diterima dari Abu Sa'id Khudri: "Jika Rasulullah saw. mengganti pakaiannya dengan yang baru, maka akan disebutnya namanya - apakah serban, kemeja atau baju luar - lalu diucapkannya: ' اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ، أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ.“Ya Allah, hanya milik-Mu segala puji, Engkaulah yang memberi pakaian ini kepadaku. Aku mohon kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannya dan kebaikan yang ia diciptakan karenanya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang ia diciptakan karena-nya”. " (Riwayat Abu Daud, juga Turmudzi yang menyatakannya hasan).
  2. Diriwayatkan oleh Turmudzi dari Umar, bahwa ia mendengar Rasulullah saw. bersabda: "Barang siapa memakai pakaian baru, lalu mengatakan:اَلْحَمْدُ لِلَّهِ اَّلذِى كَسَانِى مَا أُوَارِى بِهِ عَوْرَاتِى وَأَتَجَمَّلُ بِهِ فِى حَيَاتِى (Segala puji bagi Allah yang telah memberiku pakaian guna menutupi auratku, dan untuk menghiasa diriku di waktu hidupku), kemudian diambilnya pakaiannya yang usang lalu disedekahkannya, maka ia akan berada dalam lindungan dan pemeliharaan Allah, serta selama hidup sampai matinya ia berada di jalan Allah."

Ucapan Kepada Orang Yang Berpakaian Baru

  1. Diterima hadits yang sah behwa Nabi saw. mengucapkan kepada Ummu Khalid - yakni setelah diberinya baju luar: "Abli' wa ahliqi (sampai saat lapuk usangnya). Sementara para sahabat mengucapkan: "Tabli wayukhlifullah'.(Bila lapuk, mudah-mudahan akan diganti oleh Allah)."
  2. Dan suatu ketika dilihat oleh Nabi saw. Umar r.a. berpakaian baru, maka sabdanya:    اِلْبَسْ جَدِيْدًا وَ عِشْ حَمِيْدًا وَمُتْ شَهِيْدً (Selamat berpakaian baru, semoga hidup berjasa dan mati sebagai syahid yang berbahagia!)." (Riwayat Ibnu Majah dan Ibnus Sunni).
                      ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                          “Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Semoga bermanfaat.
Sumber: Fikih Sunnah 4. Sayyid Saabiq.
sumber : jadipintar.com 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas saran & kritiknya !!

Luas Lingkaran

MENGHITUNG LUAS LINGKARAN

Nilai jari-jari   = 

Terbaru

Lokasi Master of Tutorial

Anda Pengunjung ke :

Translate

Google+ Badge

Google+ Followers

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.