IQRO' - BACALAH

Master Of Tutorial

Cari

Home » » Panduan VBA Excel: Pengenalan Macro VBA Excel Dasar Untuk Pemula

Panduan VBA Excel: Pengenalan Macro VBA Excel Dasar Untuk Pemula

Apakah anda sudah pernah mendengar istilah Macro atau VBA? Saya yakin sudah. Kalau belum, sepertinya anda sedang tersesat sehingga sampai di blog tutorial excel ini.

Sebagai pengguna excel yang aktif belajar untuk meningkatkan kemampuan dalam memaksimalkan office excel, tentunya anda sering melakukan diskusi dan tanya jawab seputar permasalahan-permasalahan excel.

Diantara masalah-masalah tersebut ternyata solusinya adalah dengan menerapkan kode-kode macro VBA yang barangkali bukannya menyelesaikan masalah malah menimbulkan masalah baru untuk anda. Ya, masalah anda bertambah karena merasa sulit dan bingung untuk menggunakan atau memahami maksud kode-kode macro VBA tersebut.

Dari yang saya pernah saya alami, umumnya hal tersebut disebabkan oleh metode belajar VBA yang melompat jauh, terlebih ketika sebelumnya anda belum pernah sama sekali mengenal satupun bahasa pemrograman komputer.

Ibaratnya anda belum menguasai sepenuhnya tentang teknik penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian namun kemudian coba-coba belajar kalkulus. Wah makhluk apa lagi kalkulus ini? Sama, saya juga tidak mengerti. Kalau memang benar-benar ingin tahu silahkan manfaatkan Google, Bing atau Yahoo! dan kawan-kawannya.

Ngomong-ngomong Indonesia juga punya Search Engine yang tidak kalah menarik lho. Namanya Geevv, sudah pernah dengar? Abaikan dulu soal Kalkulus dan Geevv tadi, kita kembali ke masalah Macro VBA Excel.

Sebelum lebih lanjut belajar Macro VBA, terlebih dahulu anda sangat saya sarankan untuk banyak belajar menggunakan dan memanfaatkan fitur serta fungsi-fungsi yang telah disediakan oleh excel. Setidaknya anda sudah membaca semua artikel atau tutorial excel yang sudah disediakan di Kelas Excel ini.

Dari pengalaman saya, hal ini akan mempermudah anda untuk masuk ke Kelas VBA ini. Karena bagaimanapun pada dasarnya apa yang diolah oleh VBA Excel adalah fitur-fitur yang telah disertakan pada excel itu sendiri.

Sudah siap belajar VBA Excel?


Sumber :
© Kelas Excel | https://www.kelasexcel.web.id/2018/03/belajar-macro-vba-excel-dasar-untuk-pemula.html

1 komentar:

  1. Wonderful goods from you, man. I have be mindful your stuff previous to
    and you are simply extremely fantastic. I really like what you have received right here,
    certainly like what you're stating and the way
    by which you assert it. You're making it
    enjoyable and you still take care of to keep it smart.
    I can't wait to learn far more from you. This is actually a wonderful site.

    BalasHapus

Terima kasih atas saran & kritiknya !!

Luas Lingkaran

MENGHITUNG LUAS LINGKARAN

Nilai jari-jari   = 

Terbaru

Lokasi Master of Tutorial

Anda Pengunjung ke :

Translate

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.