MEMBACA ADALAH JENDELA DUNIA

Master Of Tutorial

Cari

Home » » Panduan Belajar SEtting Crossover Bagian 1

Panduan Belajar SEtting Crossover Bagian 1

dari batas atas dan bawah tiap system komponen (box dan woofer, tweeter dan horn) ... itu harus overlap wilayahnya. Kalau menurut kira2 awal batasannya ngga ada yang overlap

misal
  • woof asik 50Hz - 500Hz, tapi 
  •  tweet aman di 800Hz - 20000Hz), 
wah ... itu harus ganti komponen dulu .. mau di apa2in, pasti ngga asik. Kalau di paksa dijadiin, ntar 500-800Hz pasti ada lubang atau ngga enak disitu ... atau mungkin aja on-axis enak, tapi off-axis ngga enak (off axis ini yang biasa ngga di pedulikan.
Kalau saranku,
  • 15"nya sampai 150-200Hz saja ... 
  • 8" nya sampai 1-2kHz saja. 
Ini bicara pengalaman aja untuk speaker dengan sensitifitas tinggi, biasanya itu yang optimal. Pertama ... mute tweeternya ... nyalakan 15"nya ... ukur. Terus nyalakan 8"nya saja, ukur. Terus nyalakan 15" dan 8" nya ... ukur. Kalau 15" dan 8" ada cancellation ... itu berarti harus check polaritas dan time alignment. Kalau posisi driver ngga bisa di ubah, berarti tidak usah pedulikan time alignment, tapi langsung check polaritas, balik dan ukur lagi ... perhatikan nambah apa ngga. Biasanya salah satu pasti ada yang nambah. Gawatnya, kalau 2-2nya nunjukkan cancellation ... >_< ini berarti harus di check di minimum 4 jarak berbeda, misalnya 2m, 4m , 2m offaxis dan 4m off axis dan pastikan cancellationnya masih ada apa ngga. Kalau memang BENAR2 ada ... itu berarti time alignment atau break up mode yang parah. Biasa kalau gini, aku akan mikir xover yang tajem slope nya.
Kalau di ukur 15" dan 8" nya langsung nyatu (mungkin 8" nya di balik polaritasnya atau ngga) ... xover point bisa di kira2 dari pengukuran masing2 driver. Menurut aku pribadi, pemilihan ini diperumit sama masalah polar/dispersi suara speaker ... cuma ini agak panjang untuk di jabarkan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas saran & kritiknya !!

Luas Lingkaran

MENGHITUNG LUAS LINGKARAN

Nilai jari-jari   = 

Terbaru

Lokasi Master of Tutorial

Anda Pengunjung ke :

Translate

Google+ Badge

Google+ Followers

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.