IQRO' - BACALAH

Master Of Tutorial

Cari

Home » » Tips Belajar Vokal secara singkat untuk Penyanyi

Tips Belajar Vokal secara singkat untuk Penyanyi

Tips belajar vocal secara singkat :

1. Siapkan mental

Image: colensmith.com
Hal pertama yang harus kamu persiapkan untuk belajar vokal adalah mental. Itu sangat penting untuk membangun bagaimana karakter suaramu. Selain itu, power suara juga bisa ditentukan oleh mental penyanyi yang baik. Apabila kamu seorang pemalu, maka suara yang keluar dari mulutmu saat bernyanyi tak akan maksimal. Suaramu seperti tertahan dan tercekik di tenggorokan. Sebagai seorang calon penyanyi yang baik, kamu tak perlu malu dan takut nyanyianmu terdengar oleh orang lain. Justru kamu harus tunjukkan kepada orang lain bahwa kamu bisa bernyanyi dengan merdu.

2. Latihan power

Nah, sempat dibahas di poin sebelumnya. Power juga salah satu unsur penting bagi seorang penyanyi. Kamu harus bisa mengeluarkan suaramu secara lantang dan lepas, tidak boleh tertahan. Power saat bernyanyi seharusnya sama kuatnya saat kamu mengeluarkan suara saat berteriak. Kencang, lepas, dan seolah tak ada halangan.
Salah satu cara untuk mengeluarkan power selain dari mental yang baik adalah dengan melatih pernafasan perut atau diafragma. Cobalah kamu berlatih pernafasan perut dengan bernafas melalui hidung dan seolah-olah udara yang masuk langsung turun ke perut. Kamu pernah merasakan suaramu seolah-olah tercekik di tenggorokan dan seperti ingin batuk ketika bernyanyi? Kalau iya, berarti kamu belum benar dalam mengaplikasikan pernafasan perut saat bernyanyi.

3. Pemanasan vokal

Image: nodonews.com
Bukan hanya atlit saja yang melakukan pemanasan, seorang penyanyi juga. Lakukanlah vocalizing sebelum memulai latihan bernyanyi. Kamu bisa melakukan humming dan lips trills, seperti mengeluarkan suara gumaman dan menggetarkan area bibir tapi masih bernada.

4. Vocal range

tips belajar vokal
Image: flypaper.soundflys.com
Seorang penyanyi yang baik seharusnya tahu vocal range yang dimiliki sehingga bisa mengira-ngira lagu apa yang cocok untuk tipe suaranya. Vocal range adalah jangkauan nada yang bisa kamu keluarkan, mulai dari nada paling rendah hingga nada yang paling tinggi. Kamu bisa mengetahui vocal range-mu menggunakan keyboard atau alat musik yang lain.

5. Artikulasi

Image: personalitytutor.com
Kegiatan bernyanyi adalah kegiatan menyampaikan makna dari lirik lagu yang dinyanyikan. Maka sudah hal yang wajib hukumnya seorang penyanyi memiliki artikulasi yang baik dan jelas. Ucapkan huruf vokal dan konsonan secara lugas dan tegas, tidak boleh bergumam yang membuat misi penyampaian makna kurang maksimal. Memang, ada beberapa penyanyi terkenal yang memiliki artikulasi yang kurang jelas dengan alasan bahwa itu adalah ciri khasnya saat bernyanyi. Sah-sah saja sebetulnya. Tapi sebagai seorang pemula, ada baiknya artikulasi yang kamu ucapkan harus benar karena itu menentukan baik dan buruknya kamu saat bernyanyi.

6. Penjiwaan

Image: metrolyrics.com
Selain artikulasi, proses penyampaian makna lirik lagu juga ditentukan oleh penjiwaan seorang penyanyi yang membawakannya. Lagu yang memiliki makna lirik sedih tentu saja tidak boleh dinyanyikan dengan ekspresi yang bahagia, begitu pula sebaliknya. Tapi, penjiwaan seorang penyanyi juga tidak boleh palsu atau dibuat-buat.
Mengapa? Karena penjiwaan yang berhasil bukan hanya terlihat dari ekspresi wajah sang penyanyi saat membawakan lagu secara langsung, tetapi juga dari suara yang dikeluarkan. Ini ada hubungannya dengan teknik dinamika yaitu tinggi dan rendahnya suara saat bernyanyi. Hal itu keluar secara otomatis apabila penyanyi melakukan penjiwaan yang benar-benar alami dari dalam dirinya.


sumber : https://www.shopback.co.id/blog/tips-belajar-vokal

2 komentar:

  1. If you would like to increase your experience just keep visiting this site and
    be updated with the hottest news update posted here.

    BalasHapus
  2. Thanks for the good writeup. It in truth was
    once a amusement account it. Glance complex to more introduced agreeable
    from you! By the way, how can we keep in touch?

    BalasHapus

Terima kasih atas saran & kritiknya !!

Luas Lingkaran

MENGHITUNG LUAS LINGKARAN

Nilai jari-jari   = 

Terbaru

Lokasi Master of Tutorial

Anda Pengunjung ke :

Translate

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.