IQRO' - BACALAH

Master Of Tutorial

Cari

Home » » Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kehidupan Sehari-hari, dan Industri

Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kehidupan Sehari-hari, dan Industri

Perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia selalu berjalan dari masa ke masa. Sebagai Negara yang sedang berkembang, selalu mengadopsi berbagai teknologi informasi hingga akhirnya tiba di suatu masa di mana penggunaan internet mulai menjadi “makanan” sehari-hari yang dikenal dengan teknologi berbasis intenet (internet based technology). Sebagian besar orang dapat dan telah mengakses informasi yang tersedia melalui perpaduan teknologi komunikasi dan teknologi informasi dari mana saja dan kapan saja.

Saat ini perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi seluruh bidang kehidupan umat manusia. Intrusi teknologi ini telah masuk ke dalam berbagai bidang teknologi lain hingga sedemikian jauh, sampai-sampai tidak ada satupun peralatan hasil inovasi teknologi yang tidak memanfaatkan perangkat teknologi informasi. Membicarakan pengaruh teknologi informasi pada berbagai bidang lain tentu memerlukan waktu diskusi yang sangat panjang. Selain telah mendarah daging pada kehidupan sehari – hari manusia, ICT/TIK juga telah mempengaruhi berbagai bidang kehidupan lainnya. Salah satunya adalah pada bidang industri. Ketepatan dan kemudahaan berbagi informasi menjadi salah satu faktor vital bagi bagian produksi industri apapun sehingga teknologi informasi dan teknologi komunikasi berpengaruh besar dalam membantu proses pembagian informasi secara real-time dan akurat serta berperan dalam memudahkan proses perencanaan dengan pengolahan data yang lebih baik.

Kata teknologi harfiah berasal dari bahasa ”texere” yang berarti menyusun atau membangun. Sehingga istilah teknologi seharusnya tidak terbatas pada penggunaan mesin, meskipun dalam arti sempit hal tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Secara Etimologi, Informasi berasal dari bahasa Perancis kuno informacion (tahun 1387) yang diambil dari bahasa Latin informationem yang berarti “garisbesar, konsep, ide”. Informasi merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan”. Dari pengertian kedua kata tersebut, pengertian dasar Teknologi Informasi adalah menyusun data yang telah diolah untuk mengambil suatu keputusan oleh penerima informasi tersebut.

Teknologi Informasi dan Komunikasi, TIK (bahasa Inggris: Information and Communication Technologies; ICT) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK/ICT terbagi menjadi dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

Di bidang Industri, teknologi ini sangat membantu dalam pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Tercakup dalam definisi teknologi  tersebut adalah semua perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi, dan infrastruktur komputer maupun (tele)komunikasinya. Ia tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras, bahasa program , atau data konstruksi. Beberapa tugas yang TI lakukan dalam bidang Industri termasuk didalamnya manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database, desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan.

Suatu industri pasti memiliki karyawan yang sangat banyak dan menghasilkan produk yang sangat banyak setiap harinya. Proses pengumpulan, penyimpanan dan pengolahan data yang sangat banyak tersebut pasti akan menyulitkan. Dengan penerapan teknologi informasi, proses – proses tersebut akan dipermudah dan lebih cepat. Kesalahan – salahan manusia dalam proses pengumpulan akan diminimalisir. Tingkat duplikasi data dalam database juga dapat dikurangin sehingga informasi hasil pengolahan data dapat dimaksimalnya nilainya. Dengan adanya teknologi komunikasi, suatu bagian yang terpisah oleh jarak dapat melakukan pengiriman data dan informasi secara mudah dengan cepat melalui jaringan yang terhubung dan diolah oleh komputer hasil teknologi informasi yang diterapkan masing – masing tempat. Aktifitas – aktifitas atau proses bisnis industri dapat dijalankan dengan rutin melalui sistem informasi industri yang mendukung Signaling sehingga para penguna sistem dapat mendapatkan informasi yang tepat pada saat yang tepat juga.

Dalam dunia perbankan, Teknologi Informasi dan Komunikasi telah diterapkan pada transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Dengan adanya Internet Banking tersebut, proses bisnis yang harus dijalankan oleh para konsumen atau pemakai menjadi lebih singkat dan lebih efisiensi. Selain itu, konsumen juga dapat mengakses informasi perbankan dan melakukan transaksi dari mana saja dengan persyaratan terkoneksi dengan internet dan memiliki sebuah alat yang mengolah dan memberikan kode akses untuk melakukan transaksi untuk menjaga keamanan transaksi. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening bisa dilakukan secara online dan mempercepat transaksi keuangan anda.

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak juga digunakan para pengusaha besar yang memiliki perusahaan besar yang tingkat datanya sudah susah terkontrol secara manual. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat menyebabkan perubahan pada bentuk organisasi dan kebudayaan kerja tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, resiko tersebut perlu diambil untuk meningkatkan efisiensi perusahaan. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan yang terintergrasi keseluruh bagian perusahaan yang memaksimalkan efisiensi proses bisnis perusahaan.

Dalam bidang industri, komputer digunakan pada proses perencanaan sebuah produk baru melalui program desain, seperti Computer Aided Design (CAD). Dengan program desain tersebut, sebuah produk yang diinginkan dapat dirancang secara cepat, mudah, dan memiliki ketepatan tinggi. Sebagai contoh, untuk menggambar bentuk desain mobil dibutuhkan waktu yang lama dan relatif sulit apabila dilakukan secara manual. Akan tetapi, dengan program CAD (misalnya, AutoCad) semua itu dapat teratasi. Bahkan, program ini dapat menggambarkan bentuk nyata sebuah desain mobil dilihat dari berbagai sudut (3 dimensi).

Pada tahap produksi, digunakan robot yang d¬kendalikan oleh komputer dengan program Computer Numerical Control (CNC) dan Computer Aided Manufacture (CAM). Bahkan, ujicoba ketahanan kendaraan dapat dilakukan dan disimulasikan dengan komputer.

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa peran TIK dalam bidang industri dan manufaktur sangat besar, di antaranya adalah sebagai berikut.

a. Sebagai alat bantu untuk merancang produk baru secara cepat, mudah, dan akurat.
b. Proses produksi dapat dilakukan dengan sesedikit mungkin tenaga manusia sehingga mengurangi resiko fisik yang dapat dialami oleh manusia.
c. Memudahkan pengumpulan, penyimpanan dan pengolahan data.
D. Membantu proses perencanaan produksi dan pelaksanaannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas saran & kritiknya !!

Luas Lingkaran

MENGHITUNG LUAS LINGKARAN

Nilai jari-jari   = 

Terbaru

Lokasi Master of Tutorial

Anda Pengunjung ke :

Translate

Google+ Badge

Google+ Followers

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.