IQRO' - BACALAH

Master Of Tutorial

Cari

Home » » Operator Sound - Akustik Ruangan

Operator Sound - Akustik Ruangan

Pidato tidak jelas karena salah akustik

Pernahkah anda mendengar orang pidato, tetapi sulit atau tidak bisa menangkap apa yang dikatakannya ?

Tidak jelasnya ucapan terutama karena kita sulit membedakan suara pengucapan huruf mati, seperti membedakan "B" dengan "D", dan "P" atau bahkan dngan "T". Atau membedakan "M" dengan "N".

Penyebabnya bisa dari penyetelan equalizer yang terlalu dominan di mid-low (suara bindeng atau mendem), bisa juga dari terlalu banyak reverb, baik dari penyetelan efek ataupun reverb dari ruangan sendiri.

Ruangan dengan akustik yang salah akan sangat berbahaya untuk rekaman. Karena bukan hanya suara penyanyi tidak jelas, tetapi suara alat musik pun akan terpengaruh - benjamin sugiaman
Cek ruangan dengan tepuk tangan

Ada ruangan dimana nada-nada low dominan. Ada pula ruangan dengan suara mid dominan. Lalu ada ruangan dengan suara kombinasi dominan. Bagaimana cara mengetahuinya ?

Beberapa orang menyarankan teknik tepuk tangan. Ini jelas pandangan yang salah. Mengapa ? Karena tepuk tangan hanya bunyi dari 500 Hz ke atas dengan puncak di 1-2 kHz. Tepuk tangan tidak menghasilkan nada  low.

Bila tepuk tangan tidak menghasilkan nada low, bagaimana kita bisa tahu ruangan ini dominan low atau tidak ?

Tepuk tangan hanya berguna untuk menduga besarnya pantulan dalam ruangan tersebut. Besar pantulan ini bisa diukur dengan alat RT-60 untuk mendapatkan hasil yang presisi - JS
Menata akustik yang baik

Sudah pernah mendengar atau mengalami, dimana hasil mixing studio kita berbeda waktu didengar di studio lain ? Jadi lebih gemuk sampai 'blobor' atau sebaliknya. Atau bassnya kopong, mid high tidak sama ? Dan hasilnya juga berbeda waktu kita pindah ke studio yang lain lagi !

Hal itu kebanyakan disebabkan karena karakter akustik masing-masing studio yang tidak sama. Beberapa studio dan gedung pertemuan yang akustiknya betul-betul tertata baik adalah yang benar-benar menghabiskan biaya mahal. Baik biaya konsultan, maupun bahan dan pengerjaannya.

Jadi bagaimana caranya membuat akustik yang standar dan layak pakai ? Tentu saja dengan menata akustiknya dengan baik, sehingga hasil mixingnya bila didengar di tempat lain (termasuk juga didengar di studio bagus) tidak terlalu jauh berbeda.

Kita hanya bisa berusaha sekuatnya dengan budget terbatas. Tetapi jangan kecil hati. Dengan mengetahui masalah yang ada di ruangan, maka anda pasti bisa memecahkannya. Sayangnya pembahasan berbagai masalah akustik ini akan sangat panjang dan perlu contoh / studi kasus. Beruntung saya dengar sudah ada training "Akustik Ruangan". Semoga kelas ini bisa meningkatkan kualitas home studio rekan-rekan. Amin - benjamin sugiaman
Acrylic untuk ruang drum

Banyak pendapat tentang menggunakan Acrylic untuk mengurangi kekerasan suara pemain drum. Berikut saya ingin share pengalaman saya menggunakan Acrylic.

Acrylic ini memang sangat baik untuk meredam bunyi drum yang ada di panggung, supaya tidak terlalu bising ke penonton, tetapi kesalahan yang kami buat adalah drum kami ada di pojok, dan tembok di belakang pemain drum tidak dipasangi peredam yang baik, sehingga bunyi bising drum malah memantul dan terfokus memancar keluar melalui atas acrylic (acrylic kami tidak tertutup full dari lantai ke atap, melainkan hanya mengitari saja)

Menurut saya, kalau mau yang benar-benar aman, acrylic harus mengurung pemain drum full seperti aquarium. Tetapi harus dipikirkan ventilasi dan pengatur suhunya agar pemain drum merasa nyaman. Juga harus diperhitungkan peredam yang benar di belakang pemain drum agar suaranya malah tidak memantul-mantul dalam aquarium acrylic tersebut.

Dengan cara demikian tidak akan ada suara bocor dari panggung dan SoundMan memiliki full control atas suara drum yang akan diperdengarkan ke penonton - loui


sumber : http://www.operator-sound.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas saran & kritiknya !!

Luas Lingkaran

MENGHITUNG LUAS LINGKARAN

Nilai jari-jari   = 

Terbaru

Lokasi Master of Tutorial

Anda Pengunjung ke :

Translate

Google+ Badge

Google+ Followers

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.