IQRO' - BACALAH

Master Of Tutorial

Cari

Home » » Operator Sound - Berbagi Pengalaman

Operator Sound - Berbagi Pengalaman

POSISI PANGGUNG YANG TENGGELAM

Seringkali kita lihat di acara televisi, pemusik diletakkan agak tenggelam di bawah panggung. Di tempat ibadah saya juga menggunakan konsep demikian. Hanya penyanyi yang ada di atas panggung. Konsep ini sangat baik untuk menolong audiens fokus hanya pada penyanyi saja.

Selain itu, konsep tenggelam ini juga menyembunyikan kabel-kabel yang biasanya awut-awutan, dan akan meredam aksi panggung dari musisi yang berlebihan. Kekurangan dari konsep ini adalah space pemusik jadi terbatas dan tugas SoundMan jadi agak sulit karena harus naik turun.

Untuk itu kabel-kabel yang penting, DI Box, dan pernak-pernik sound lainnya harus diposisikan di tempat yang mudah dijangkau, sehingga memudahkan kalau terjadi masalah - loui
guna Kotak sekitar wilayah unity fader



Apakah anda pernah memperhatikan bahwa di Fader Channel ada titik-titik atau kotak di daerah sebelum dan sesudah 0 dB (unity) ? Biasanya di antara + 5 dB sekitar 0 dB itu.

Fungsi kotak-kotak itu bukan cuma hiasan saja, tetapi untuk mengingatkan bahwa kondisi unity tidak semata pada ada pada titik 0 dB, tetapi pada seluruh wilayah kotak / titik-titik itu. Jadi kita diingatkan bahwa kalau sudah berbeda 6 dB akan terjadi peningkatan/penurunan volume secara dobel - loui
Bahasa Inggris - Syarat Utama Memahami Sound System

Sebagai Operator Sound kita perlu paham kosa kata Inggris secara lisan ataupun tulisan. Manual peralatan sound dan display dibuat dalam bahasa Inggris. Dengan mengerti Inggris, maka kinerja kita jadi kurang maksimal. Bahkan ada banyak pemecahan masalah yang sebenarnya sudah tercantum di manual bahasa Inggris, tapi kita belum sempat mempelajarinya.  Tips dari saya :
1. Baca manual (terutama mixer, FX rack) di waktu senggang sehingga kita paham karakter dan kelebihan kekurangannya. Terutama bagian Trouble Shooting, apabila ada masalah-masalah.
2. Bawa kamus saku Inggris- Indo sebagai panduan untuk menterjemahkan kata yang sulit.
3. Luangkan waktu menghafal 10-30 kata Inggris / hari terutama kata-kata yang sering muncul di  manual (connect, directly, initial, dsb.). Niscaya perbendaharaan kata kita meningkat pesat. Kalo tidak ada terjemahannya, coba tanyakan pada orang yang lebih tahu.
4. Kalau anda memang sebelumnya tidak paham Bahasa Inggris, beli buku cerita anak berbahasa Inggris sebagai latihan. Cari saja Buku Bekas agar murah. Jangan lupa juga mulai membiasakan nonton film bahasa Inggris tanpa terjemahan - Uki (Facebook: Uki Soundman)  

Catatan : artikel asli sudah diedit oleh koordinator karena keterbatasan ruang. Bila rekan operator membutuhkan artikel asli dapat menghubungi Facebook Pak Uki. Terima kasih
Banyak berdoa sebelum mulai kerja

Suatu saat sekitar tahun 2000an saya mendapat job di Museum Prasasti dari Walikota Jakarta Pusat. Acara Festival Musik SMP-SMA se-DKI menggunakan sound 10.000 watt.

Acara berlangsung besok pagi. Malam sebelumnya kami sudah set dan check sound. Selama proses ini mulai banyak hal yang aneh. Listrik storing, humming, lalu ada crew yang kesetrum ringan (padahal polarity sdh dicek OK. Alat mendadak rewel dan noise padahal sebelumnya tidak masalah.

Menjelang subuh kami pasrah. Yang penting buat kami: sound dan alat band sudah ready semua. Maka kami memutuskan cek sound setelah subuh. Apa kami bisa istirahat ? Ternyata malah beberapa crew melihat penampakan "Noni Belanda Berbaju Putih" di Terrace Hall. Akhirnya kita semua jadi bergadang dan stamina jadi drop waktu acara dimulai.

Yang jelas kita semua lupa berdoa sebelum memulai aktifitas. Sejak itu saya selalu ingatkan crew agar sebelum memulai setting agar berdoa dulu sesuai keyakinan masing2. Tentunya dengan tidak lupa "permisi" dalam hati dengan "penunggu" tempat itu. Percaya atau tidak, kita sendiri pasti marah juga kalau ada orang berisik di depan rumah kita tanpa permisi terlebih dahulu bukan ? - Krisnoegroho Jakarta
Menghilangkan bunyi B, P dan T dalam rekaman

Dalam rekaman vokal, seringkali sang penyanyi menimbulkan ledakan bunyi PLOSIVE tiap kali mengucapkan hurup B, P dan T.

Untuk mengatasi ini, saya menggunakan sebatang pinsil dan meletakkannya di antara bibir vokalis dan mic waktu rekaman. Percaya atau tidak, cara ini sangat ampuh - AJ studio 15
Mixer Digital

Selain banyak kemudahan yang diberikan mixer digital, ada juga beberapa kelemahannya. Kelemahan ini terutama karena kita belum tangkas menangani mixer digital. Belum tangkas tentunya karena kita belum terbiasa dengan menu-menu mixer digital.

Untuk menghadapinya maka saya menyarankan agar setiap kali kita memegang mixer digital kita harus selalu sabar. TIDAK TERBURU-BURU adalah kata kuncinya.  Luangkan waktu yang cukup untuk hanya berduaan dengan mixer. Setting speaker dan tiap channel dengan santai dan tuntas. Sekali kita sudah menyelesaikannya, maka selanjutnya kita tidak perlu repot-repot lagi. Semoga berhasil - Dedy Makassar



sumber : http://www.operator-sound.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas saran & kritiknya !!

Luas Lingkaran

MENGHITUNG LUAS LINGKARAN

Nilai jari-jari   = 

Terbaru

Lokasi Master of Tutorial

Anda Pengunjung ke :

Translate

Google+ Badge

Google+ Followers

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.