IQRO' - BACALAH

Master Of Tutorial

Cari

Home » » Doa Bila Mengalami Banyak Kesulitan Hidup, Urusan Dan Hutang

Doa Bila Mengalami Banyak Kesulitan Hidup, Urusan Dan Hutang

 بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
gelandangan/kuli
Menanggung Beban Berat. 
Hidup dan kehidupan terkadang seperti roda; ada suka ada duka, ada menang ada kalah, ada lebih ada kurang, ada lapang ada sempit. ada mudah ada susah, dsb. Begitulah memang Allah memberlakukan hukum-hukum-Nya  untuk menguji  manusia, apakah menjadi hamba yang beriman atau ingkar. 
Jika kita coba memaknai realitas kesulitan, dan kita melihatnya dari sisi lain, ternyata kesulitan dapat membawa manusia semakin kuat, dan tanpa adanya kesulitan, takkan pernah ada kemajuan. Tanpa kesulitan, daya kekuatan nalar lebih yang dimiliki manusia ketimbang makhluk lain, tidak akan ada artinya dan tiada manfaatnya. 

Kesulitan hidup dilihat dari sumber kehidupan, merupakan jalan pendakian menuju puncak keilahian. Karena itu, kesulitan hidup jangan dikeluhkan, apalagi dicaci maki, karena akan menghancurkan kemampuan yang dimilikinya, dan sebaiknya kesulitan hidup harus dijalani sebagai langkah menuju Ilahi. Jangan berputus asa dari rahmat Allah. Jangan mengeluh, karena keluhan akan membuat kesulitan terasa semakin berat dijalani. Berikut adalah DO'A-do'a yang diajarkan untuk dipanjatkan di saat kita mengalami aneka kesulitan. Misalnya sulit melakukan urusan: karena rumitnya, beratnya atau besarnya tantangan yang dihadapi. Juga jika mengalami sulit kehidupan alias miskin dan pas-pasan. Tak lupa disertakan pula yang paling banyak dilakukan manusia: berhutang! Semoga bisa dihafalkan - kemudian diaplikasikan dalam keseharian, amin.

Do'a Bila Sulit Melakukan Suatu Urusan

Diriwayatkan oleh Ibnus Sunni dari Anas bahwa Rasulullah saw. bersabda: " اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً(Ya Allah, tiada yang mudah, kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Dan Engkau telah menjadikan tanah keras dan gersang itu gembur dan subur)."

Do'a Bila Mengalami Kehidupan yang Sulit

Diriwayatkan oleh Ibnus Sunni dari Ibnu Umar bahwa Nabi saw. bersabda:" Jika seseorang mengalami kesulitan dalam mencari nafkah, kenapa ia tidak membaca waktu keluar rumah: 'Bismillahi 'ala nafsi wama li wa li dini, Allahumma radhdhini biqada-ika, wa barikli fima quddmra hatta la uhibba ta'jila ma akhkharta wala ta'khira ma'ajjalta'. (Dengan nama Allah terhadap diriku, terhadap harta dan agamaku! Ya Allah, jadikanlah hatiku ridha menerima kadha-Mu, dan berilah berkah mengenai apa yang ditakdirkan bagiku, hingga aku tidak ingin mempercepat apa yang Engkau lambatkan, atau memperlambat apa yang Engkau cepatkan)."

Do'a Ketika Berhutang

Diriwayatkan oleh Turmudzi dari Ali r.a. dan dinyatakan hasan, bahwa seorang budak mukatab menemuinya, katanya: "Saya tak mampu untuk menebus diriku, maka bantulah daku!" Ujar Ali: "Maukah kamu saya tunjuki doa yang diajarkan kepadaku oleh Nabi saw. yang bila kamu ucapkan walau utangmu sebesar Gunung Shabar sekalipun, tentulah utangmu itu akan dibayarkan oleh Allah. Ucapkanlah:  (Ya Allah, cukupilah kebututuhanku dengan yang halal dengan menghindarkan yang haram, dan jadikanlah daku berkecukupan demi kemuraham-Mu daripada selain-Mu)."
Berkata Sa'id: "Pada suatu hari Rasulullah saw. masuk ke masjid. Kiranya di sana ada seorang laki-laki Anshar, Abu Umamah namanya. Maka tanya Rasulullah saw.:'Hai Abu Umamah, kenapa saya lihaat Anda berada di sini padahal bukan waktu shalat '? 
Ujarnya: 'Kesusahan yang tak hendak berpisah dariku, begitu pun utang-utangku, ya Rasulullah'!
Sabda Nabi: 'Maukah Anda saya ajari doa yang bila Anda baca, maka Allah akan melenyapkan kesusahan dan membayarkan utang-utang Anda'?
'Mau, ya Rasulullah'! ujarnya.
Sabda Nabi saw pula: 'Nah, bacalah di waktu pagi dan petang:اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ (Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari rasa susah dan duka, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat lemah dan malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, serta aku berlindung kepada-Mu dari hutang yang tidak terbayar dan dari musuh yang sewenang-wenang).
Kata Abu Umamah: 'Saya lakukanlah apa yang diajarkan oleh Nabi tersebut. Maka lenyaplah rasa susahku dan utang-utangku pun dibayarkan oleh Allah."


                      ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                          “Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Semoga bermanfaat.
Sumber; Fikih Sunnah 4, Sayyid Saabiq. telah diedit untuk keselarasan.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas saran & kritiknya !!

Luas Lingkaran

MENGHITUNG LUAS LINGKARAN

Nilai jari-jari   = 

Terbaru

Lokasi Master of Tutorial

Anda Pengunjung ke :

Translate

Google+ Badge

Google+ Followers

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.