IQRO' - BACALAH

Master Of Tutorial

Cari

Home » » Ayat-Ayat Al-Qur'an Tentang Cemburu, Mencuri, Curang, Dagang, Dakwah, Durhaka...

Ayat-Ayat Al-Qur'an Tentang Cemburu, Mencuri, Curang, Dagang, Dakwah, Durhaka...

 بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Bagian ke-enam (C-D)
surat al-ikhlash
Cari Ayat dan Surat.
Al-Qur’an ialah nama khusus bagi kalam Allah. Ia tidak diambil dari pecahan kata qira’ah, tetapi merupakan nama bagi kitab Allah sebagaimana Taurat dan Injil. Sebagian ulama berpendapat, bahwa ia pecahan kata dari qara’in, sebab ayat-ayatnya antara yang satu dan lainnya saling membenarkan dan memiliki kesamaan (qara’in). Abu Bakar ash-Shidiq r.a. adalah orang yang pertama kali menghimpun kitab Allah dan dinamakannya al-Mushaf. Postingan ini berisi indeks atau daftar klasifikasi tema ayat-ayat Al-Qur'an yang disusun berdasarkan urutan abjad. Di dalamnya memuat tema ayat-ayat Al-Qur'an mengenai: mencela/memaki, cemburu, mencerai-beraikan, cinta pada Allah, ciptaan, cita-cita, mencuri, curang/tipu, perdagangan, da'wah, perdamaian, pendapat, berhias/perhiasan, Nabi Daud a.s., debat, balas dendam, dengki, dinar, dosa, durhaka, dusta, sangkaan, Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Dzulkarnain a.s., dan dzunnun . Klasifikasi ayat secara tematik ini berguna untuk kita :
  • Mengetahui letak ayat dan surat sesuai tema/kata kunci yang kita cari.
  • Mempermudah dalam mengambil kesimpulan.
  • Mempermudah dalam kita menyebarkan da'wah.

Metode Pencarian

  1. Carilah tema/kata kunci yang kita inginkan dengan mengurutkan pada abjad. Jika tema dimaksud adalah kata kerja, carilah dengan menggunakan kata dasar; misalnya hendak mencari tema "Berdagang" carilah kata "dagang" dalam abjad "D."
  2. Untuk mengetahui redaksi ayat dan terjemahannya, klik Al-Qur'an Online, (bisa di copy-paste).
  3. Contoh hasil pencarian: - Kata "dagang" dalam abjad D menampilkan beberapa hasil.- Membuka salah satunya  di Al-Qur'an Online (misalnya Q.S. Al-Baqarah: 198)
لَيۡسَ عَلَيۡڪُمۡ جُنَاحٌ أَن تَبۡتَغُواْ فَضۡلاً۬ مِّن رَّبِّڪُمۡ‌ۚ فَإِذَآ أَفَضۡتُم مِّنۡ عَرَفَـٰتٍ۬ فَٱذۡڪُرُواْ ٱللَّهَ عِندَ ٱلۡمَشۡعَرِ ٱلۡحَرَامِ‌ۖ
Tidak ada dosa bagimu untuk mencari karunia [rezki hasil perniagaan] dari Tuhanmu. Maka apabila kamu telah bertolak dari Arafah, berzikirlah kepada Allah di Masy`arilharam ...

surat an-nisa
Indeks Ayat-Ayat Al-Qur'an Tematik.

                      ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                          “Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

sumber : jadipintar.com 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas saran & kritiknya !!

Luas Lingkaran

MENGHITUNG LUAS LINGKARAN

Nilai jari-jari   = 

Terbaru

Lokasi Master of Tutorial

Anda Pengunjung ke :

Translate

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.