IQRO' - BACALAH

Master Of Tutorial

Cari

Home » » Do'a Mohon Rahmat dan Petunjuk Yang Lurus

Do'a Mohon Rahmat dan Petunjuk Yang Lurus

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
shiratal mustaqim
Illustrasi Jembatan Titian
Rahmat berasal dari kata "rahima" yang bermakna tempat peranakan ibu; dari kata itu timbullah makna "kasih sayang". Allah Yang Maha Penyayang mempunyai kebijaksanaan memberi atau menghalangi rahmat-Nya kepada mahluk-mahluk-Nya. Ada rahmat yang menyentuh semua mahluk dan semua memperoleh apa yang diperlukannya, seperti semua diberi udara untuk mereka hirup tanpa satupun merasa kekurangan. Adapula rahmat yang diberikan tetapi dengan syarat ada upaya dari mereka untuk meraihnya. Adalagi rahmat-Nya yang tidak dapat diraih walau dengan upaya manusia atau mahluk, seperti rahmat kenabian.
Petunjuk yang lurus adalah tuntunan dan bimbingan menuju jalan yang diridhaiNya, yang akan mengantar pada kebahagiaan dunia dan akhirat, fiddun-ya hasanah-wa fil'aahiti hasanah (kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat).

Kisah Ashhabul Kahfi Di Dalam Al-Qur'an:

(Q.S. (18) Al-Kahfi:  9 – 12)

do'a ashhabul kahfi
Do'a Ashhabul Kahfi
9.  Atau kamu mengira bahwa orang-orang yang mendiami gua dan (yang mempunyai) raqim* itu, mereka termasuk tanda-tanda kekuasaan kami yang mengherankan?

10.  (Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: "Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)."

11.  Maka kami tutup telinga mereka beberapa tahun dalam gua itu**

12.  Kemudian kami bangunkan mereka, agar kami mengetahui manakah di antara kedua golongan itu*** yang lebih tepat dalam menghitung berapa lama mereka tinggal (dalam gua itu).

Ayat Tentang Do'a Keteguhan Hati, Pentunjuk dan Rahmat.

رَبَّنَا لَا تُزِغۡ قُلُوبَنَا بَعۡدَ إِذۡ هَدَيۡتَنَا وَهَبۡ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحۡمَةً‌ۚ إِنَّكَ أَنتَ ٱلۡوَهَّابُ
 "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (Q.S.Ali ‘Imran: 8)

 Hadits Tentang Do'a Rahmat dan petunjuk

Hadits tentang do'a mohon rahmat dan petunjuk
Do'a Rahmat dan Petunjuk
Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu curahan rahmat dari sisi-Mu, yang dengannya hatiku mendapat petunjuk, terkumpul segala yang bercerai-berai dan terhimpun segala yang terpisah-pisah, tertolak segala fitnah atas diriku dan bertambah baik urusan agamaku, terpelihara segala sesuatu yang jauh dariku dan terangkat apa yang dekat denganku, disucikan segala perbuatanku dan dicerahkan wajahku, diberi ilham menuju petunjuk dan terpelihara diriku dari segala sesuatu yang jelek."
Penjelasan:
Doa ini dibaca setiap pagi, lebih-lebih sebelum atau menjelang shalat shubuh sesudah shalat fajar. Insya Allah petunjuk Allah dan kebahagiaan hidup akan senantiasa menyertainya.
Dalam hadis riwayat Imam Thabrani dari Ibnu Abbas dijelaskan, bahwa doa ini pula yang senantiasa dilakukan Nabi Saw. setelah selesai melaksankan shalat sunat fajar sebelum shalat shubuh.
Raqim: sebagian ahli tafsir mengartikan nama anjing dan sebagian yang lain mengartikan batu bersurat.
**  Maksudnya: Allah menidurkan mereka selama 309 tahun qamariah dalam gua itu (lihat ayat 25) sehingga mereka tak dapat dibangunkan oleh suara apapun.
***  kedua golongan itu ialah pemuda-pemuda itu sendiri yang berselisih tentang berapa lamanya mereka tinggal dalam gua itu.
                      ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                          “Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Sumber: 1001 Tanya-Jawab Tentang al-Qur'an, Qasim Asyur
               www.jadipintar.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas saran & kritiknya !!

Luas Lingkaran

MENGHITUNG LUAS LINGKARAN

Nilai jari-jari   = 

Terbaru

Lokasi Master of Tutorial

Anda Pengunjung ke :

Translate

Google+ Badge

Google+ Followers

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.