Perhatianpemerintahterhadappendidikansecaraumumtertuangdalampembukaan
UUD 1945 yaitu “… mencerdaskankehidupanbangsa…”.Untukmewujudkantujuantersebut,
MPR-RI telahmengamandemenPasal 31 UUD 1945 yang menghasilkanPasal 31 Ayat (1)
sampaiAyat (5) sebagaiberikut:
1.
|
Setiapwarganegaraberhakmendapatpendidikan.
|
2.
|
Setiapwarganegarawajibmengikutipendidikandasardanpemerintahwajibmembiayainya.
|
3.
|
Pemerintahmenyelenggarakandanmengusahakansatusistempendidikannasional
yang
meningkatkankeimanandanketaqwaansertaakhlakmuliadalamrangkamencerdaskankehidupanbangsa
yang diaturdenganundang-undang.
|
4.
|
Negara memprioritaskananggaranpendidikansekurang-kurangnya
20% darianggaranpendapatandanbelanjanegarasertadarianggaranpendapatandanbelanjadaerahuntukmemenuhikebutuhanpenyelenggaraanpendidikannasional.
|
5.
|
Pemerintahmemajukanilmupengetahuandanteknologidenganmenjunjungtingginilai
agama danpersatuanbangsauntukkemajuanperadabansertakesejahteraanumat.
|
Pasal 31 tersebut,
kemudiandijabarkansecaraprogresifdalamUndang-UndangNomor 20 Tahun 2003
tentangSistemPendidikanNasional (selanjutnyadisebut UU Sisdiknas) yang di
dalamnyajelasdantegasmengamanatkan program wajibbelajar minimal
sampaikejenjangpendidikandasar.Setiapwarganegarawajibmendapatkanpendidikan yang
bermutu, PemerintahdanPemerintah Daerah wajibmenjaminterselenggaranyapendidikan
yang bermutubagisetiapwarganegarasesuaidenganbakat, minat,
tingkatkecerdasandankemampuannyatanpadiskriminasi, minimal setaradenganStandarNasionalPendidikan.
UU No. 20 tahun 2003 pada Bab VII
tentangBahasaPengantarPasal 33 ayat 3 menyatakanbahwa
”Bahasaasingdapatdigunakansebagaibahasapengantarpadasatuanpendidikantertentuuntukmendukungkemampuanberbahasaasingpesertadidik”.
Terkaitdenganhalini, BPK PENABUR Jakarta
mengambilpelaksanaanpenggunaanbahasaInggrissebagaibahasapengantarmulaipadasatuanpendidikantamankanak-kanak.
StandarNasionalPendidikan
Untukmenjamintercapainyapendidikan yang
bermutubagisetiapwarganegarasecaranasionalperludibuatstandarnasionalpendidikan
yang harusdijadikanpedomanolehPemerintahdanPemerintah Daerah
sebagaipenanggungjawabdansatuanpendidikansebagaipenyelenggarapendidikan agar
dapatmenghasilkanouput/lulusan yang berkompetensesuaidenganPasal 35 UU
Sisdiknas yang menyatakan :
1.
|
StandarNasionalPendidikanterdiriatasstandarisi, proses,
kompetensilulusan, tenagakependidikan, saranaprasarana, pengelolaan,
pembiayaan, danpenilaian yang harusditingkatkansecaraberencanadanberkala.
|
2.
|
StandarNasionalPendidikandigunakansebagaiacuanpengembangankurikulum,
tenagakependidikan, saranadanprasarana, pengelolaandanpembiayaan.
|
3.
|
PengembanganStandarNasionalPendidikansertapemantauandanpelaporanpencapaiannyasecaranasionaldilaksanakanolehsuatubadanstandarisasi,
penjamin, danpengendalimutupendidikan.
|
Standarnasionalpendidikanantaralainditindaklanjutidenganpengembangankurikulumdenganprinsipdiversifikasisesuaidengansatuanpendidikan,
potensidaerahdanpesertadidik. Sementara, PP No. 19 tahun 2005
tersebuttidakmengaturmengenaistandarnasionalpendidikanuntukjenjangpendidikan
TK/RA. Namundemikianpengembangankurikulum TK/RA
tetapdiperbolehkanasalkanmengacupadastandarnasionalpendidikanuntukmewujudkantujuanpendidikannasional.
DalamPenjelasanatas UU No. 20 tahun 2003 bahwa TK
menyelenggarakanpendidikanuntukmengembangkankepribadiandanpotensidirisesuaidengantahapperkembanganpesertadidik.
Hal inidipertegasdengan RPP tentangPendidikanAnakUsiaDini;
BagiankesatutentangKurikulumPasal 15 ayat (3), (4) dan (6); yang
intinyamemberikandukunganterhadappengembangankurikulum yang
salahsatubentuknyaadalahpenggunaanbahasaasingdalampembelajarananakusiadini.
Sementaraitu,
tentangtahapperkembanganpesertadidikkhususnyapesertadidikusiadinidiulasdalamlandasanteoritispendidikananakusiadini.
DalamGaris-garisBesar Program
KegiatanBelajartelahdiaturbahwaada 26 butirkemampuanbahasa yang
diharapkandapatdicapai, antara lain (SoegengSantoso, 2000):
a
|
Menirukankembaliurutanangka, urutan kata
|
b
|
Mengikutibeberapaperintahsekaligus
|
c
|
Berbicaralancer
|
d
|
Berceritatentangkejadian di
sekitarnyasecarasederhana
|
e
|
Menjawabpertanyaan
|
f
|
Menceritakankembali
|
g
|
Memberikannamabenda, binatang, tanaman, bentuk,
ciriatausifattertentu
|
h
|
Menceritakangambar yang disediakan
|
i
|
Mengenalkebalikan; misalnyasiangdanmalam.
|
DAFTAR PUSTAKA
Kurikulum TK dan RA, DepdiknasSudinDikdas, 2005
PP No. 19 tahun 2005
Undang-UndangNomor 20 Tahun 2003
tentangSistemPendidikanNasional
0 komentar:
Posting Komentar
Terima kasih atas saran & kritiknya !!