IQRO' - BACALAH

Master Of Tutorial

Cari

Home » » LandasanYuridis Pendidikan Anak Usia Dini Mengenai Pelajaran Bahasa

LandasanYuridis Pendidikan Anak Usia Dini Mengenai Pelajaran Bahasa

 Perhatianpemerintahterhadappendidikansecaraumumtertuangdalampembukaan UUD 1945 yaitu “… mencerdaskankehidupanbangsa…”.Untukmewujudkantujuantersebut, MPR-RI telahmengamandemenPasal 31 UUD 1945 yang menghasilkanPasal 31 Ayat (1) sampaiAyat (5) sebagaiberikut:

1.
Setiapwarganegaraberhakmendapatpendidikan.
2.
Setiapwarganegarawajibmengikutipendidikandasardanpemerintahwajibmembiayainya.
3.
Pemerintahmenyelenggarakandanmengusahakansatusistempendidikannasional yang meningkatkankeimanandanketaqwaansertaakhlakmuliadalamrangkamencerdaskankehidupanbangsa yang diaturdenganundang-undang.
4.
Negara memprioritaskananggaranpendidikansekurang-kurangnya 20% darianggaranpendapatandanbelanjanegarasertadarianggaranpendapatandanbelanjadaerahuntukmemenuhikebutuhanpenyelenggaraanpendidikannasional.
5.
Pemerintahmemajukanilmupengetahuandanteknologidenganmenjunjungtingginilai agama danpersatuanbangsauntukkemajuanperadabansertakesejahteraanumat.

Pasal 31 tersebut, kemudiandijabarkansecaraprogresifdalamUndang-UndangNomor 20 Tahun 2003 tentangSistemPendidikanNasional (selanjutnyadisebut UU Sisdiknas) yang di dalamnyajelasdantegasmengamanatkan program wajibbelajar minimal sampaikejenjangpendidikandasar.Setiapwarganegarawajibmendapatkanpendidikan yang bermutu, PemerintahdanPemerintah Daerah wajibmenjaminterselenggaranyapendidikan yang bermutubagisetiapwarganegarasesuaidenganbakat, minat, tingkatkecerdasandankemampuannyatanpadiskriminasi, minimal setaradenganStandarNasionalPendidikan.

UU No. 20 tahun 2003 pada Bab VII tentangBahasaPengantarPasal 33 ayat 3 menyatakanbahwa ”Bahasaasingdapatdigunakansebagaibahasapengantarpadasatuanpendidikantertentuuntukmendukungkemampuanberbahasaasingpesertadidik”. Terkaitdenganhalini, BPK PENABUR Jakarta mengambilpelaksanaanpenggunaanbahasaInggrissebagaibahasapengantarmulaipadasatuanpendidikantamankanak-kanak.

StandarNasionalPendidikan
Untukmenjamintercapainyapendidikan yang bermutubagisetiapwarganegarasecaranasionalperludibuatstandarnasionalpendidikan yang harusdijadikanpedomanolehPemerintahdanPemerintah Daerah sebagaipenanggungjawabdansatuanpendidikansebagaipenyelenggarapendidikan agar dapatmenghasilkanouput/lulusan yang berkompetensesuaidenganPasal 35 UU Sisdiknas yang menyatakan :

1.
StandarNasionalPendidikanterdiriatasstandarisi, proses, kompetensilulusan, tenagakependidikan, saranaprasarana, pengelolaan, pembiayaan, danpenilaian yang harusditingkatkansecaraberencanadanberkala.
2.
StandarNasionalPendidikandigunakansebagaiacuanpengembangankurikulum, tenagakependidikan, saranadanprasarana, pengelolaandanpembiayaan.
3.
PengembanganStandarNasionalPendidikansertapemantauandanpelaporanpencapaiannyasecaranasionaldilaksanakanolehsuatubadanstandarisasi, penjamin, danpengendalimutupendidikan.

Standarnasionalpendidikanantaralainditindaklanjutidenganpengembangankurikulumdenganprinsipdiversifikasisesuaidengansatuanpendidikan, potensidaerahdanpesertadidik. Sementara, PP No. 19 tahun 2005  tersebuttidakmengaturmengenaistandarnasionalpendidikanuntukjenjangpendidikan  TK/RA. Namundemikianpengembangankurikulum TK/RA tetapdiperbolehkanasalkanmengacupadastandarnasionalpendidikanuntukmewujudkantujuanpendidikannasional.

DalamPenjelasanatas UU No. 20 tahun 2003 bahwa TK menyelenggarakanpendidikanuntukmengembangkankepribadiandanpotensidirisesuaidengantahapperkembanganpesertadidik. Hal inidipertegasdengan RPP tentangPendidikanAnakUsiaDini; BagiankesatutentangKurikulumPasal 15 ayat (3), (4) dan (6); yang intinyamemberikandukunganterhadappengembangankurikulum yang salahsatubentuknyaadalahpenggunaanbahasaasingdalampembelajarananakusiadini. Sementaraitu, tentangtahapperkembanganpesertadidikkhususnyapesertadidikusiadinidiulasdalamlandasanteoritispendidikananakusiadini.

DalamGaris-garisBesar Program KegiatanBelajartelahdiaturbahwaada 26 butirkemampuanbahasa yang diharapkandapatdicapai, antara lain (SoegengSantoso, 2000):

a
Menirukankembaliurutanangka, urutan kata
b
Mengikutibeberapaperintahsekaligus
c
Berbicaralancer
d
Berceritatentangkejadian di sekitarnyasecarasederhana
e
Menjawabpertanyaan
f
Menceritakankembali
g
Memberikannamabenda, binatang, tanaman, bentuk, ciriatausifattertentu
h
Menceritakangambar yang disediakan
i
Mengenalkebalikan; misalnyasiangdanmalam.


DAFTAR PUSTAKA
Kurikulum TK dan RA, DepdiknasSudinDikdas, 2005
PP No. 19 tahun 2005
Undang-UndangNomor 20 Tahun 2003 tentangSistemPendidikanNasional

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas saran & kritiknya !!

Luas Lingkaran

MENGHITUNG LUAS LINGKARAN

Nilai jari-jari   = 

Terbaru

Lokasi Master of Tutorial

Anda Pengunjung ke :

Translate

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.