IQRO' - BACALAH

Master Of Tutorial

Cari

Home » » Contoh Doa-Doa Yang Diajarkan Dan Dipraktekkan Nabi SAW

Contoh Doa-Doa Yang Diajarkan Dan Dipraktekkan Nabi SAW

 بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
tulisan muhammad arab
Do'a - Do;a Nabi saw.
Pada hakikatnya berdo'a boleh dengan redaksi sesuka yang kita kehendaki. Akan tetapi redaksi DO'A yang dicontohkan oleh Rasulullah saw. sudah barang tentu memiliki fadhilah (keutamaan) tersendiri, disamping memiliki nilai pahala tambahan (sunnah) substansi dan tata redaksinya sudah barang tentu sangat mengena! Kata 'Aisyah r.a.:"Nabi saw. menyukai doa-doa yang padat dan berisi, dan meninggalkan doa-doa yang tidak demikian halnya."

Dibawah ini kita sebutkan beberapa doa yang selayaknya menjadi perhatian Umat Muslim.
  1. Diterima dari Anas r.a. katanya:   "Doa yang sering dibaca oleh Nabi saw. ialah:                'رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ  اللهم '(Ya Allah, Tuhan kami, berilah kami di dunia kebaikan , dan di akhirat juga kebaikan, dan peliharalah kiranya kami dari azab neraka)."
  2. Dan diriwayatkan oleh Muslim:  "Bahwa Rasulullah saw. pergi menjenguk salah seorang laki-laki Islam yang bdannya telah kurus kering, tak ubahnya bagai anak burung. Maka sabda Rasulullah saw. kepadanya:'Apakah Anda bedoa atau memohon sesuatu kepada Allah'? Ujarnya: 'Memang saya baca: Ya Allah, azab yang akan kau timpakan kepadaku di akhirat sebagai hukuman, mohon Engkau segerakan di dunia ini'! Maka sabda Rasulullah saw.: 'Subhanallah, Anda tak 'kan tahan atau mampu menderitakannya! kenapa tidak diucapkan saja: اللهم آتنا في الدنيا حسنه وفي الاخرة حسنه وقنا عذاب النار ."
  3. Diriwayatkan oleh Ahmad dan Nasa'i, bahwa Sa'ad mendengar putranya berdoa:"Ya Allah, aku mohon kepada-Mu surga, bilik-biliknya dan ini serta itu, dan akau berlindung kepada-Mu dari neraka, dari belenggu dan rantai-rantainya!" Maka kata Sa'ad: "Sungguh, banyak sekali permintaanmu kepada Allah, dan tidak sedikit bencana yang kau minta dihindarkan-Nya daripadamu. Dan saya dengar Rasulullah saw. bersabda: "Nanti akan muncul satu golongan yang berlebih-lebihan dalam berdoa! Cukuplah bila kau ucapkan: 'اللَّهُمَّ اِنِّى اَسْئَلُكَ مِنَ الْخَيْرِ كُلِّه عَاجِله وَ اجِلِه مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَ مَا لَمْ اَعْلَمْ    (Ya Allah, aku mohon kebaikan itu seluruhnya, baik yang telah ku ketahui maupun yang belum dan aku berlindung dari kejahaatan itu, baik yang telah kuketahui ataupun yang belum)."
  4. Dan diriwayatkan oleh Ibnu Abbas r.a., katanya: "Salah satu doa Nabi saw. ialah: Rabbi a'inni wala tu'in alaiya wanshurni wla tanshur 'alaiya, wamkur li wala tamkur 'alaiya, wahdini wayassiril huda li, wanshurni 'ala manbagha 'alaiya! Rabbi 'alni laka syak kara ,laka dzakkara laka rahhaba, laka mithwa'a, laka awwaha, ilaika muniba, Rabbi taqabbal taubati, waghsil hubati, wa-ajib da'wati, watsabbit hujjati wasaddid lisani, wahdi qalbi, waslul sakhimata shadrii'.(Tuhanku! Tolonglah daku, dan jangan Engkau tolong orang-orang menghadapiku, belalah daku, dan janganlah dibela orang yang menghadapiku. Aturlah siasat buat keuntunganku, dan bukan buat kerugianku! Tunjukkanlah daku dan lancarkanlah bimbingan bagiku, srta tolonglah dakum menghadapi orang yang aniaya kepadaku. Tuhanku! jadikanlah daku seorang yang bersyukur kepada-Mu, seorang yang ingat, yang takut, yang taat, yang suka kembali dan yang menyadarkan dirinya kepada-Mu! Terimalah taubatku. hapuslah dosaku, perkenankan doaku, kuatkan alasanku, lancarkan lidahku, bimbing hatiku, dan hapuslah rasa dendam di dadaku)."
  5. Diriwayatkan oleh Muslim dari Zaid bin Arqam, katanya: "Yang saya katakan kepada kamu, hanyalah apa yang diucapkan oleh Rasulullah saw. biasanya ia mengucapkan: 'Allahumma inni a'udzu bika minal 'ajzi walkasli, waljubni wal bukhli, walhaomi, wa'adzabil qabr. Allahumma ati nafsi taqwaha, zakkiha anta khairu man zakkaha, innaka waliyyuha wamaulaha. Allahumma inni a'udzubika min ilmin la yanfa' wamin qalbin la yakhsya'. (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari sifat lemah dan malas, dari pengecut dan kikir, dari usia bangka dan siksa kubur. Ya Allah, berikanlah kepada diriku sifat takwanya, bersihkanlah dia karena Engkaulah sebai-baik yang membersihkannya. Sesungguhnya yang jadi wali dan penguasanya . Ya Allah, aku berlindung kepada-Mud dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tak hendak khusyu' dari nafsu yang tidak pernah puas dan dari DO'A yang tidak beroleh perkenan)."
  6. Do'a Mohon Istiqamah: Dalam sebuah Shahih Hakim terdapat sabda dari Rasulullah saw. "Maukah Tuan-Tuan , hai manusia, bersungguh-sungguh dalam berdo'a?" Ujar mereka :"Mau, ya Rasulullah." Sabda Nabi saw.: "Ucapkanlah اللهم أعني على ذكرك وشكرك، وحسن عبادتك (Ya Allah, bantulah kami buat dzikir kepada-Mu, buat bersyukur dan beribadah kepada-Mu dengan baik)." Dan Menurut riwayat Ahmad, Nabi saw. bersabda: "Selalulah pakai 'Ya dzal jalali wal ikram(Ya Tuhan Empunya kebesaran dan penghormatan)'."Juga menurut riwayatnya Rasulullah saw. mengucapkan" "Ya muqallibal qulub, tsabbit qalbi 'ala dinik! wal mizana biyadir rahmani'azza wajalla yarfa'u aqwaman wayadha'u akharin (Ya Allah yang membolak-balik hati manusia! Teguhkanlah hatiku dalam agama-Mu! Sedang neraca timbangan itu di tangan Allah Yang Rahman 'Azza wajalla, ditinggikan-Nya beberapa golongan dan direndahkan-Nya golongan-golongan lain)'."
  7. Dari ibnu Umar r.a. Rasululullah saw. mengucapkan: 'اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ، وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ، وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ، وَجَمِيعِ سَخَطِكَ (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari lenyapnya nikmat-Mu, beralihnya penyelamatn-Mu, mendadaknya siksa-Mu dan meratanya amarah murka-Mu)'. Doa Meminta tambahan ilmu: Diriwayatkan oleh Turmudzi bahwa Rasulullah saw. membaca: "اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي، وَزِدْنِي عِلْمًا، الحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ، وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ    (Ya Allah, berilah aku manfaat dari apa-apa yang Engkau ajarkan, dan ajarkanlah kepadaku apa-apa yang memberi manfaat, dan tambahkanlah ilmuku srta segal puji bagi Allah dalam keadan bagaimanapun, dan akau berlindung kepada-Mu dari nasib penghuni neraka)."
  8. Diriwayatkan oleh Muslim bahwa Fathimah datang kepada Nabi saw. buat meminta 
    khadam. Maka Nabi mengajarkan kepadanya ucapan yang lalu, yang artinya: " Ya Allah,
    doa lunas hutang dan anti miskin
    Gbr.2 - Doa Nabi.
    Tuhan dari langit yang tujuh dan Tuhan dari 'arasy besar. Tuhan kami dan Tuhan dari segala sesuatu, yang menurunkan Taurat, Injil dan Al-Qur'an. Pembela biji, penumbuh benih! Aku berlindung kepada-Mu dari bencana apa pun! Engkaulah pemegang ubun-ubunnya, Engkau yang awal maka tak ada sesuatu pun sebelum-Mu, Engkau yang akhir hingga tak ada suatu pun sesudah-Mu, Engkau Yang Zhahir maka tak ada suatu pun di luar-Mu dan Engkau Yang Batin hingga tak ada suatu pun di dalam-Mu! Bayarkanlah utangku oh Tuhan, dan bebaskanlah daku dari kemiskinan!" (lihat gambar2.Doa Nabi).
  9. Do'a Meminta Ketakwaan. Diriwayatkannya lagi bahwa Rasulullah saw. mengucapkan doa: اللَّهُمَّ إنِّي أسْألُكَ الهُدَى ، والتُّقَى ، والعَفَافَ ، والغِنَى (Ya Allah, aku mohon pada-mu petunjuk dan ketakwaan, mencakupkan yang ada dan menjadi kaya)."
  10. Dan diriwayatkan dari Ibnu Umar oleh Turmudzi yang menyatakannya hasan, juga oleh Hakim, bahwa Rasulullah saw. jarang sekali bangkit dari majelis pertemuan sebelum berdoa bagi sahabat-sahabatnya dengan mengucapkan: "Allahummaq sim lana min khasyyatika ma tahulu bihi bainana wabaina ma'shiyatik, wamin tha'atika ma tubalighuna bihi jannatak, waminal yaqini ma tuhawwimu bihi 'alaina masha-ibaddunya, wamatti'na bi asma'ina, waabsharina, waquwwatina ma ahyaitana, waj'alhul waritsa-minna, waj'al tsa'rana 'ala man zhalamana wanshurna 'ala man 'adana, wala taj'al mushibatana fi dinina, wala taj'alid dunya akbara hammina, wala mablagha 'ilmina, wala tusallith 'alaina mal la yarhamuna. (Ya Allah, bagilah kami dari rasa takut kami kepada-Mu apa yang dapat menghindarkan kami dari berbuat maksiat kepada-Mu, dan dari menaati-Mu apa yang dapat mengantarkan kami kepada surga-Mu, dan dari keyakinan kami apa yang dapat meringankan kami dari cobaan-cobaan dunia! Berilah kami kesenangan dengan pendengaran dan penglihatan kami, begitu pun dengan kekuatan kami selagi hayat dikandung badan, dan demikian pula halnya bagi orang yang mewarisi kami. Dan tuntutkanlah bela kami terhadap orang-orang yang telah menganiaya kami, serta bantulah kami terhadap musuh-musuh kami. Dan janganlah kami menerima coban mengenai agama kami, janganlah pula dunia itu menjadi tumpuan harapan kami, atau batas ilmu pengetahuan kami, srta janganlah yang akan mengendalikan pemerintahan kami itu, orang-orang yang tidak menaruh rasa  sayang kepada kami)."
                      ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                          “Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

sumber : jadipintar.com 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas saran & kritiknya !!

Luas Lingkaran

MENGHITUNG LUAS LINGKARAN

Nilai jari-jari   = 

Terbaru

Lokasi Master of Tutorial

Anda Pengunjung ke :

Translate

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.