IQRO' - BACALAH

Master Of Tutorial

Cari

Home » » Pengertian Salaf dan Ulama Salaf

Pengertian Salaf dan Ulama Salaf

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
ulama salaf
 Gambar Illustraasi 
Menurut bahasa (etimologi) salaf artinya yang terdahulu (nenek moyang), yang lebih tua dan lebih utama. Salaf berarti para pendahulu. Menurut istilah (terminologi), salaf berarti generasi pertama dan terbaik dari ummat (Islam) ini, yang terdiri dari:
  • Para sahabat.
  • Tabi'in.
  • Tabi'ut tabi'in dan para imam pembawa petunjuk pada tiga kurun (generasi/masa) pertama yang dimuliakan Allah, sebagaimana sabda Rasulullah
"Sebaik-baik manusia adalah pada masaku ini (yaitu masa para sahabat), kemudian yang sesudahnya (masa tabi'in) kemudian yang sesudahnya (Tabi'ut tabi'in)."

Syaikh Mahmjud Ahmad Khafaji berkata: "Penetapan istilah salaf tidak cukup hanya dibatasi waktu saja, bahkan harus sesuai dengan Al-Qur'an dan As-Sunnah menurut pemahaman salafush shalih (tentang 'aqidah, manhaj, akhlaq dan suluk). Barangsiapa yang pendapatnya sesuai dengan Al-Qur'an dan As-Sunnah mengenai 'aqidah, hukum dan suluknya menurut pemahaman salaf, maka ia disebut salafi, meskipun tempatnya jauh dan berbeda masanya. Sebaliknya , barangsiapa pendapatnya menyalahi Al-Qur'an dan As-Sunnah, maka ia bukan sseorang salafi meskipun ia hidup pada zaman sahabat, Tabi'in dan tabi'ut tabi'in.

Dikatakan As-Salafiyyuun karena mereka mengikuti manhaj salafush shalih dari sahabat, tabi'in dan tabi'ut tabi'in. Kemudian setiap orang yang mengikuti jejak mereka seta berjalan berdasarkan manhaj mereka - disepanjang masa, mereka ini disebut salafi, karena dinisbatkan kepada salaf, salaf bukan kelompok atau golongan seperti difahami oleh sebagian orang, tetapi merupakan manhaj (sisitim hidup dalam ber'aqidah, beribadah, berhukum, berakhlak dan yang lainnya) yang wajib diikuti oleh setiap muslim. Jadi pengertian salaf dinisbatkan kepada orang yang menjaga keselamatan 'aqidah dan manhaj menurut apa yang dilaksanakan Rasulullah dan para sahabat sebelum terjadinya perselisihan dan perpecahan.

                      ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                          “Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”


sumber : jadipintar.com 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas saran & kritiknya !!

Luas Lingkaran

MENGHITUNG LUAS LINGKARAN

Nilai jari-jari   = 

Terbaru

Lokasi Master of Tutorial

Anda Pengunjung ke :

Translate

Google+ Badge

Google+ Followers

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.