IQRO' - BACALAH

Master Of Tutorial

Cari

Home » » Golongan Orang-Orang Yang Doanya Makbul

Golongan Orang-Orang Yang Doanya Makbul

 بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
do'a orang miskin
Do'a Orang Teraniaya.
Istilah makbul mempunyai beberapa pengertian, yakni: 1.diluluskan (permintaan, doa); 2. berhasil; tercapai (maksud):; 3 manjur (obat, guna-guna, dsb). Terkabulnya suatu doa, selain karena "tata-cara" berdo'anya yang memenuhi syarat sebagaiman pernah saya tulis di artikel sebelumnya  - "Adab Dan Tata-Cara Agar Doa Kita Dikabulkan Allah" -  juga bisa dikarenakan predikat/keadaan yang sedang melekat pada si pemohon do'a. Berikut adalah golongan yang do'anya berpeluang besar di'ijabah Allah swt.:

I. Do'a Bapak, Orang Yang Berpuasa, Musafir dan Orang Teraniaya

advanture/musafir/fi sabilillah
Musafir. Do'anya Makbul.
  1. Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Daud dan Turmudzi dengan sanad yang haan bahwa Nabi saw. bersabda:    ثلاث دعوات مستجبات لا شك فيهن : دعوة الوالد على ولده ، ودعوة المسافر ، ودعوة المظلوم  "Ada tiga macam doa yang pasti diterima tanpa syak lagi, yaitu: Doa bapak, doa musafir dan doa dari orang yang teraniaya."
  2. Dan diriwayatkan pula oleh Turmudzi dengan sanad yang hasan bahwa Nabi saw. bersabda:  ثلاثة لا ترد دعوتهم : الصائم حتى يفطر ، والإمام العادل ، ودعوة المظلوم "Ada tiga orang yang tidak boleh ditolak doa mereka, yaitu orang yang berpuasa saat berbuka, imam atau pemimpin yang adil, dan doa dari orang teraniaya. Doanya itu dinaikkan Allah menembus awan dan dubukakan baginya pintu-pintu langit, serta firman Allah kepadanya:'Demi kemuliaan -Ku! akan Kutolong engkau, walau di belakang nanti.'

II. Do'a Seorang Saudara Terhadap Saudaranya Di Balik-Belakangnya

  1. Diriwayatkan oleh Muslim dan Abu Daud dari Shafwan bin Abdillah r.a., katanya: "Saya datang ke Syam dan menemui Abu Darda' di rumahnya, tetapi tidak bertemu, dan yang ada hanyalah Ummu Darda', Tanyanya kepadaku:"Apakah kau hendak naik haji tahun ini?" "Memang", Ujarku. Katanya pula: "Kalau begitu tolonglah doakan kami beroleh kebaikan, karena Nabi saw.pernah bersabda: "Doa dari seorang Muslim buat saudaranya dari balik-belakangnya adalah doa makbul, Dekat kepalanya ada Malaikat yang bertugas. Maka setiap ia berdoa buat saudaranya itu, Malaikat itu akan mengucapkan 'amin! Dan aku juga akan mendoakanmu'!" Cerita Shafwan selanjutnya: "Setelah itu saya pergi ke pasar dan bertemu Abu Darda', Maka disampaikannya pula kepadaku seperti tersebut di atas, yang menurut keterangannya diterimanya dari Nabi saw.
  2. Menurut riwayat Abu Daud dan Turmudzi, Nabi saw. bersabda: "Doa yang paling cepat dikabulkan, ialah doa seorang bagi lainnya sedang keduanya berjauhan."
  3. Dan keduanya meriwayatkan pula dari Umar r.a. katanya: "Saya meminta izin kepada Rasulullah saw. buat melakukan umrah maka diizinkannya serta sabdanya:'Jangan lupa buat mendoakan kami'!" Kata Umar selanjutnya: "Suatu kalimat istimewa, yang saya tidak suka ditebus, walau dengan dunia ini sekalipun!"

Pembuka Doa Yang Menjadikan Doa Makbul

  1. Diterima dari Buraidah: "Bahwa Nabi saw.mendengar seorang laki-laki berdoa sebagai berikut: 'Allahumma inni as-aluka asyhadu annaka anta lahu la ilaha illa antal ahadush shamad, alladzi lam yalid walam yulad walam yakul lahu kufuwan ahad' (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu, sedang aku mengakui bahwa Engkau adalah Allah, tiada Tuhan kecuali Engkau, yakni Allah Yang Maha Esa dan satu-satunya tempat bermohon, yang tidak mempunyai putra dan tidak pula diputrakan, serta tidak satu pun yang menyerupai-Nya). Maka sabda Nabi saw.: 'Engkau telah bermohon kepada Allah dengan menyebut asma-Nya Yang Agung, hingga setiap ia diminta dengan itu pastilah diberikan-Nya, dan setiap Ia diseru dengan itu, pastilah akan dikabulkan-Nya'!"(Riwayat Abu Daud, juga Turmudzi yang menyatakan hasan).
  2. Dari Muadz bin Jabal, katanya: "Bahwasanya Nabi saw. mendengar seorang laki-laki berkata: 'Ya dzal jalali wal ikram' (Wahai yang mempunyai ketinggian dan kemuliaan) maka berkata Ia: 'Mintalah, sesungguhnya telah diperkenankan bagimu'."
  3. Diterima dari Anas r.a., katanya: Rasulullah lewat pada Abu 'Iyasy, yaitu Zaid bin Shamit Zurqi yang kebetulan sedang berdoa dan mengucapkan 'Allahumma inii as-aluka bianna lakal hamdu, la ilaha illa anta, ya hammamu ya mannanu, ya badi'assamawati wal ardhi, ya dzal jalali wal ikram, ya haiyu ya gaiyumu' (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dan bagi-Mulah puji, tiada Tuhan selain Engkau, ya Tuhan Yang Maha Penyantun dan Maha Pemberi, wahai Pencipta langit dan bumi, Empunya kebesaran dan penghormatan, Yang mahahidup lagi Maha Pengatur). Maka sabda Rasulullah saw.:'Sungguh Anda telah memohon kepada Allah dengan menyebut asma-Nya yang besar, yang jika Ia diseru dengan itu, tentu akan dikabulkan-Nya dan jika diminta pasti akan  diberikan-Nya'." (Diriwayatkan oleh Ahmad dll., dan menurut Hakim hadits ini sah menurt syarat Muslim).
  4. Diterima dari Mu'awiyah , bahwa ia mendengar Rasulullah saw. bersabda: "Barangsiapa berdoa dengan menyebut kelima macam kalimat ini, tentulah permintannya akan dikabulkan Allah, apa juga yang dimintanya yaitu: 'La ilaha illallah, wallahu akbar, la ilaha illallahu wahdahu la syarika lah, lahul mulku walahul hamdu, wahuwa 'ala kulli syaiin qdir. la ilah illallahu wala haula wala quwwata illa billah' (Tiada Tuhan melainkan Allah dan Allah Mahabesar, tiada Tuhan kecuali Allah, Tunggal tiadak berserikat, bagi-Nya kerajaan  dan milik-Nya puji-pujian, dan Ia Kuasa atas segal sesuatu, tiada Tuhan melainkan Allah, dan tak ada daya maupun tenaga kecuali dengan Allah."(Riwayat Thabrani dengan isnad yang sah).
                      ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                          “Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Semoga bermanfaat.
Sumber: Fikih Sunnah 4, Sayyid Saabiq
sumber : jadipintar.com 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas saran & kritiknya !!

Luas Lingkaran

MENGHITUNG LUAS LINGKARAN

Nilai jari-jari   = 

Terbaru

Lokasi Master of Tutorial

Anda Pengunjung ke :

Translate

Google+ Badge

Google+ Followers

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.