IQRO' - BACALAH

Master Of Tutorial

Cari

Home » » Do'a Mohon Keselamatan dan Tempat Tinggal Yang Cocok

Do'a Mohon Keselamatan dan Tempat Tinggal Yang Cocok

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Peta Indonesia
Dimana Cocoknya ?
Tempat tinggal adalah tempat dimana kita dan keluarga melakukan aneka aktifitas rumah tangga; sementara lingkungannya akan terus menerus mempengaruhi pada kehidupan dan tatanan sosial yang bisa berpengaruh pada karakter dan kepribadian para penghuninya.
Lingkungan yang aman, nyaman, penuh kekeluargaan dan agamis akan lebih baik daripada lingkungan yang kotor, kacau dan tidak ada budaya kekeluargaan di tengah masyarakatnya. Lingkungan yang kita sangka baik belum tentu baik secara hakikatnya di mata Allah, sebaliknya lingkungan yang kita sangka buruk belum tentu buruk secara hakikat dimata Allah. Untuk itulah do'a mohon petunjuk dimana kita tinggal perlu dipanjatkan kepada dzat Yang Maha Tahu.

Ayat al-Qur'an Tentang Tempat Tinggal 

1. Q.S. Al-Isra: 80

                             وَقُل رَّبِّ أَدۡخِلۡنِى مُدۡخَلَ صِدۡقٍ۬ وَأَخۡرِجۡنِى مُخۡرَجَ صِدۡقٍ۬ وَٱجۡعَل لِّى مِن لَّدُنكَ سُلۡطَـٰنً۬ا نَّصِيرً۬ا                                                             Artinya: "Ya Tuhanku, masukkanlah aku secara masuk yang benar, dan keluarkanlah pula aku secara keluar yang benar. Dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan (pemimpin) yang menolong." (Al-Isra': 80).

2. Q.S.An-Nahl: 80 - 81
وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمْ مِنْ بُيُوتِكُمْ سَكَنًا وَجَعَلَ لَكُمْ مِنْ جُلُودِ الأنْعَامِ بُيُوتًا تَسْتَخِفُّونَهَا يَوْمَ ظَعْنِكُمْ وَيَوْمَ إِقَامَتِكُمْ وَمِنْ أَصْوَافِهَا وَأَوْبَارِهَا وَأَشْعَارِهَا أَثَاثًا وَمَتَاعًا إِلَى حِينٍ
وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمْ مِمَّا خَلَقَ ظِلالا وَجَعَلَ لَكُمْ مِنَ الْجِبَالِ أَكْنَانًا وَجَعَلَ لَكُمْ سَرَابِيلَ تَقِيكُمُ الْحَرَّ وَسَرَابِيلَ تَقِيكُمْ بَأْسَكُمْ كَذَلِكَ يُتِمُّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تُسْلِمُونَ
Dan Allah menjadikan rumah-rumah bagimu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagimu rumah-rumah dari kulit hewan ternak yang kamu merasa ringan (membawanya) pada waktu kamu bepergian dan pada waktu kamu bermukim dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu unta dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan kesenangan sampai waktu (tertentu)
Dan Allah menjadikan tempat bernaung bagimu dari apa yang telah Dia ciptakan, Dia menjadikan  bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia menjadikan pakaian bagimu yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dari peperangan. Demikian Allah menyempurnakan nikmat-Nya kepadamu agar kamu berserah diri (kepada-Nya)
Dalam surat Al-Mukminun ayat 29, Alloh telah memberikan sebuah doa yang bisa kita panjatkan.

Ibrahim Pernah Berdo'a Agar Makkah Jadi Kota Yang Diberkahi.

Q.S. Al-Baqarah: 126
وَإِذۡ قَالَ إِبۡرَٲهِـۧمُ رَبِّ ٱجۡعَلۡ هَـٰذَا بَلَدًا ءَامِنً۬ا وَٱرۡزُقۡ أَهۡلَهُ ۥ مِنَ ٱلثَّمَرَٲتِ مَنۡ ءَامَنَ مِنۡہُم بِٱللَّهِ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأَخِرِ‌ۖ قَالَ وَمَن كَفَرَ فَأُمَتِّعُهُ ۥ قَلِيلاً۬ ثُمَّ أَضۡطَرُّهُ ۥۤ إِلَىٰ عَذَابِ ٱلنَّارِ‌ۖ وَبِئۡسَ ٱلۡمَصِيرُ 

Dan [ingatlah], ketika Ibrahim berdo’a: Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari kemudian. Allah berfirman: "Dan kepada orang yang kafirpun Aku beri kesenangan sementara, kemudian Aku paksa ia menjalani siksa neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali".
Nabi Ibrahim a.s.  berdoa'a agar kota Mekah dan sekitarnya dijadikan sebagai kota yang aman, yakni keamanan yang berkesinambungan hingga akhir jaman, atau menganugerahkan kepada penduduk dan pengunjungnya kota yang aman dan tenteram. Kisah di dalam Al-Qur'an tersebut bukan mengajarkan agar berdo'a untuk keamanan dan kesejahteraan kota makah saja, tetapi juga mengandung isyarat tentang perlunya setiap muslim berdo'a untuk keselamatan dan keamanan wialayah tempat tinggalnya dan agar penduduknya memperoleh rezeki yang melimpah. Dua syarat di atas, rasa aman dari segala yang menggelisahkan  dan limpahan rezeki, merupakan syarat utama bagi suatu kota atau wilayah. Bahkan stabilitas kemanan dan kecukupan ekonomi merupakan nikmat yang menjadikan seseorang berkewajiban mengabdi kepada Allah.

Kisah Nabi Nuh Memohon Tempat Tinggal Yang Diberkahi

Q.S. (23) Al-Mu'minun : 27 – 30)
27.  Lalu kami wahyukan kepadanya: "Buatlah bahtera di bawah penilikan dan petunjuk kami, Maka apabila perintah kami Telah datang dan tanur* Telah memancarkan air, Maka masukkanlah ke dalam bahtera itu sepasang dari tiap-tiap (jenis), dan (juga) keluargamu, kecuali orang yang Telah lebih dahulu ditetapkan (akan ditimpa azab) di antara mereka. dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim, Karena Sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.
doa nabi nuh
Diombang-ambingkan Ombak.

28.  Apabila kamu dan orang-orang yang bersamamu Telah berada di atas bahtera itu, Maka ucapkanlah: "Segala puji bagi Allah yang Telah menyelamatkan kami dari orang-orang yang zalim."
29.  Dan berdoalah: Ya Tuhanku, tempatkanlah Aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik yang memberi tempat."

30.  Sesungguhnya pada (kejadian) itu benar-benar terdapat beberapa tanda (kebesaran Allah), dan Sesungguhnya kami menimpakan azab (kepada kaum Nuh itu).
yang dimaksud dengan tanur ialah semacam alat pemasak roti yang diletakkan di dalam tanah terbuat dari tanah liat, Biasanya tidak ada air di dalamnya. terpancarnya air di dalam tanur itu menjadi suatu alamat bahwa banjir besar akan melanda negeri itu.
                      ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                          “Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Semoga Bermanfaat.
Sumber: 1001 Tanya-Jawab Tentang al-Qur'an, Qasim Asyur
sumber : www.jadipintar.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas saran & kritiknya !!

Luas Lingkaran

MENGHITUNG LUAS LINGKARAN

Nilai jari-jari   = 

Terbaru

Lokasi Master of Tutorial

Anda Pengunjung ke :

Translate

Google+ Badge

Google+ Followers

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.