MEMBACA ADALAH JENDELA DUNIA

Master Of Tutorial

Cari

Home » » Pengertian dan Perbedaan Jilbab, Kerudung, Hijab, Purdah dan Cadar

Pengertian dan Perbedaan Jilbab, Kerudung, Hijab, Purdah dan Cadar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
koleksi jilbab
Aneka Busana Muslimah.
Dewasa ini kita menyaksikan banyak wanita yang telah mengenakan jilbab di tempat-tempat umum apakah yang berjubah, berbaju kurung atau celana. Ini merupakan fenomena yang baik jika dibandingkan dengan zaman kakek nenek kita yang mana sulit untuk kita melihat para wanita mengenakan jilbab. Namun begitu, ada juga beberapa wanita di zaman ini yang kurang mengerti apakah arti sebenar menutup aurat. Sekedar memakai jilbab di tempat-tempat umum sudah disangkanya menutup aurat, sedangkan menutup aurat dan hanya memakai jilbab yang menutupi kepala adalah dua hal yang berbeda. Fenomena bertudung ini akan bertambah baik jika para wanita memahami pengertian aurat dan bagaimana menutup aurat dengan sempurna serta mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. 
Definisi aurat

Dari segi bahasa, aurat berarti cacat atau keaiban pada sesuatu. Ini juga berarti ada yang ditutupi oleh manusia karena rasa malu. Sedangkan secara istilahnya, aurat berarti setiap anggota yang wajib ditutup dan haram untuk dilihat

Ketentuan pakaian wanita Muslimah

Menutup aurat bukan juga semata-mata tidak menampakkan anggota tubuh kecuali muka dan telapak tangan, tetapi syariat Islam telah menetapkan beberapa syarat pada pakaian wanita Muslimah. Setiap kondisi ini harus dipatuhi agar ia memenuhi maksud menutup aurat itu sendiri. Jika salah satu syarat ini tidak dilaksanakan oleh seseorang wanita itu, maka ia tidak dihitung sebagai menutup aurat.
  1. Menutupi seluruh tubuh kecuali anggota yang bukan aurat.
  2. Kedua; harus pakaian itu tebal dan tidak tipis. Nabi saw. berkata: 'Dua golongan dari ahli neraka yang tidak pernah aku lihat: satu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi, mereka memukul manusia dengannya, dan wanita yang berpakaian tapi telanjang, mereka jauh dari ketaatan kepada Allah serta mengajar yang lain tentang perbuatan mereka (tidak menutup aurat), kepala mereka seperti punuk unta, mereka ini tidak masuk surga dan tidak mencium bau surga sedangkan bau surga itu bisa terhirup dari jarak ini dan ini 
  3. Harus pakaian itu longgar dan tidak ketat. Pakaian yang ketat dan menampakkan sosok wanita tidak memenuhi maksud menutup aurat karena dapat membangkitkan syahwat dan mendatangkan fitnah dan kerusakan. Pakaian yang ketat tetap dilarang meskipun tebal dan tidak tipis. 
  4. Pakaian tersebut tidak menyerupai pakaian pria. Ibn 'Abbas r.a. berkata: 'Rasulullah saw. melaknat pria yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai pria." 

Definisi Jilbab, Kerudung, Hijab, Purdah dan Cadar


Pasti familiar dengan istilah tersebut, yakni istilah-istlah jenis pakaian yang dipakai untuk menutupi aurat wanita. Tapi tahukah perbedaan dan definisi sebenarnya?

JILBAB
jilbab sederhana
Berasal dari bahasa arab yang jamaknya jalaabiib artinya pakaian yang lapang/luas. Pengertiannya yaitu pakaian yang lapang dan dapat menutup aurat wanita, kecuali muka dan kedua telapak tangan hingga pergelangan saja yang ditampakan. Jilbab ini hukumnya adalah wajib sebagai sebuah keharusan yang pasti atau mutlak bagi wanita dewasa yang mukminat atau muslimat.




KERUDUNG
kerudung wanita
Yang ini berasal dari bahasa indonesia. Bila dalam bahasa arabnya adalah khimaar , jamaknya khumur yaitu tutup/tudung yang menutup kepala, leher, sampai dada wanita.
Sekilas kerudung memiliki definisi yang hampir sama dengan jilbab. Tapi tidak sama. Jilbab memiliki arti yang lebih luas, Karena Jilbab dapat diartikan sebagai busa muslimat yang menjadi satu corak, yaitu busana yang menutup seluruh tubuhnya, mulai dari atas kepala sampai kedua telapak kakinya yang jadi satu (menyatu) tanpa menggunakan kerudung lagi. Sedangkan Khimar itu (kerudung) hanya tudung yang menutupi kepala hingga dada saja. Sama halnya seperti Jilbab, kerudung ini hukumnya wajib.

HIJAB

berasal dari bahasa arab, artinya sama dengan tabir atau diding/penutup. Pengertian yang dimaksud dari hijab atau tabir disini adalah tirai penutup atau sesuatu yang memisahkan/membatasi baik berupa tembok, bilik, gorden, kain dan lain-lain.

PURDAH

purdah/niqab
Dapat diartikan dengar burdah yaitu pakaian luar atau tirai berjahit, mirip dengan ‘abaaah/’abaayaa. Niqab (Purdah) ialah sesuatu yang digunakan oleh wanita bagi menutup bahagian wajah mereka….Cuma yang dipamerkan hanya bahagian mata saja. Istilah-istilah yang ada  kaitannya dengan   niqab.
1. الخمار : ini ialah nama bagi kain yang digunakan untuk menutup bahagian kepala bagi wanita.Ini berdasarkan firman Allah taala di dalam al-Quran surah al-Nur ayat 31:  وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ
Maksudnya: dan hendaklah mereka menutup belahan leher bajunya dengan tudung kepala mereka. Kaitan di antara niqab dan khimar ialah niqab digunakan untuk menutup wajah,manakala khimar digunakan untuk menutup kepala.Kedua-duanya merupakan pakaian muslimah.
2. الحجاب: Ini merupakan nama bagi kain yang digunakan untuk menutup keseluruhan wanita tersebut.
3. البُرقَع : Ini merupakan nama bagi kain yang digunakan untuk menutup keseluruhan wajah wanita.Menurut Ibn Manzhur ,pengarang kitab Lisan al-Arab: Terdapat sedikit ruang untuk memperlihatkan mata bagi burqa’. Jika kita mengambil dengan takrif yang diberikan oleh Ibn Manzhur maka ianya sama maksud dengan niqab.
4. اللِثام : Ini merupakan nama bagi kain yang digunakan untuk menutup bahagian mulut. Kaitan di antara niqab dan al-Litham ialah , niqab digunakan untuk menutup keseluruhan wajah kecuali kedua mata. Manakala al-Litham pula digunakan untuk menutup bahagian mulut dan ke bawah. Bilamana niqab digunakan untuk menutup bahagian wajah wanita maka ianya mempunyai kaitan rapat dengan aurat. Ini kerana, aurat adalah merupakan anggota yang wajib ditutup.

CADAR

cadar
Kain penutup muka atau sebagian wajah wanita, dimana hanya matanya saja yang nampak, bahasa arabnya khidir atau tsiqab, sinonim dengan burqu : marguk. Penggunaan cadar, purdah ini bersifat sunat.






MUKENA/ RUKUH
mukena / ruku
Saat ditanya apa sih mukena, pasti umumnya akan menjawab “pakaian yang biasa digunakan wanita utk sholat”. Mukena (rukuh) menurut pengertian banyak orng memang diartikan kain selubung (baju kurung) bagi wanita yang diggunkan khusus saat shalat. Padahal sebetulnya tidak ada pakaian khusus untuk dipakaian dalam shalat, sebagaimana tidak ada pakaian khusus untuk para lelaki yang dipakai saat shalat. Yang dimaksud kain selubung/baju kurung itu sebenarnya adalah jilbab itu sendiri.

Istilah mukena itu berasal dari bahasa arab yang asalnya muqna’ah/miqna’ah. Dan mukena ini sebetulnya lebih mirip kerudung ketimbang jilbab, hanya saja muqna’ah ini agak lebih panjang ke bawah dibandingkan kerudung.

Yaah meskipun umumnya banyak yang memiliki definisi berbeda tentang mukena ini, hal terpentingnya adalah busana Muslimat itu adalah busana yang dipakai sewaktu shalatnya: dengan kata lain pakaian di dalam shalat itu sama dengan busana muslimat yang dipakai seharihari. Walau ada sedikit perbedaan tapi keduanya sama: hanya menampakan muka/ wajah dan kedua telapak tangan samapai pergelangan tangan saja. Dan itulah Jilbab.


                      ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                          “Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”



sumber : jadipintar.com 

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas saran & kritiknya !!

Luas Lingkaran

MENGHITUNG LUAS LINGKARAN

Nilai jari-jari   = 

Terbaru

Lokasi Master of Tutorial

Anda Pengunjung ke :

Translate

Google+ Badge

Google+ Followers

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.