MEMBACA ADALAH JENDELA DUNIA

Master Of Tutorial

Cari

Home » » Do'a Mohon Surga dan Ampunan Untuk Orang Tua

Do'a Mohon Surga dan Ampunan Untuk Orang Tua

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
gambar animasi burung di taman
illustrasi Taman Surga.
Surga atau Jannah dalam bahasa Arab memiliki arti "Kebun", maka dalam bahasa Qur'an berarti "Kebun Surga".
Janah (bahasa Arab: جنّة) adalah konsep surga dalam ajaran agama Islam. Di dalam eskatologi Islam, setelah kematian seseorang akan tetap di dalam alam kubur (barzakh) sampai 'Hari Kebangkitan' (Yawm al-Qiyāmah). Menurut syariat Islam, bahwa perlakuan tiap individu di barzakh adalah berlaku atas amal (perbuatan) seseorang itu sendiri, kemudian menjadi sebuah gambaran pada alam baka'.
Sementara kata ampunan atau Al-Ghaffar terambil dari akar kata "Ghafara" artinya  "menutup" yang berarti Dia menutupi dosa hamba-hamba-Nya karena kemurahan dan anugerah-Nya. Sedang Ada juga yang berpendapat dari kata "al-ghafaru" yakni "sejenis tumbuhan yang digunakan untuk mengobati luka" yang berarti Allah menganugerahi hamba-Nya penyesalan atas dosa-dosa, sehingga penyesalan ini berakibat kesembuhan, yakni terhapus dosa. (Ibnu Abbas).

Hadits Tentang Do'a Mohon Surga

Surga adalah tempat yang penuh dengan kenikmatan, seperti banyak diriwayatkan oleh Allah dalam Al-qur’an dan banyak hadist yang meriwayatkannya pula. Kata para ‘Ulama, apabila kita berdo’a mintalah Surga Firdaus. Surga tertinggi tempatnya para nabi dan Rasul, para sahabat nabi yang mulia. Banyak Do’a-doa yang diriwayatkan oleh ahli hadist agar kita di masukkan ke dalam surganya Allah swt.                                                                                                                                                                                         اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

“Ya Allah! Sesungguhnya aku mohon kepadaMu, agar dimasukkan ke Surga dan aku berlindung kepadaMu dari Neraka.” (HR. Abu Dawud dan lihat di Shahih Ibnu Majah 2/328.)

Ayat Tentang Do'a Ampunan Untuk Diri, Kedua Ortu dan Kaum Mukmin 

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

"Ya Tuhan kami, beri ampunilah aku dan kedua ibu bapakku serta orang-orang mukmin yang laki-laki dan perempuan pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)." (QS. Ibrahim: 41)
Q.S. (26) ASY-SYU’ARA : 83 – 89
83.  (Ibrahim berdoa): "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah Aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh,
84.  Dan jadikanlah Aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) Kemudian,
do'a nabi ibrahim
Do'a Nabi Ibrahim.
85.  Dan jadikanlah Aku termasuk orang-orang yang mempusakai surga yang penuh kenikmatan,
86.  Dan ampunilah bapakku, Karena Sesungguhnya ia adalah termasuk golongan orang-orang yang sesat,
87.  Dan janganlah Engkau hinakan Aku pada hari mereka dibangkitkan,
88.  (yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna,
89.  Kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih,
90.  Dan (di hari itu) didekatkanlah surga kepada orang-orang yang bertakwa,
91.  Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang- orang yang sesat"
Dalam doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim ini terdapat tiga permintaan ampunan; yaitu permintaan ampun untuk diri sendiri, kedua orang tua, dan untuk kaum mukminin dan mukminat pada hari dihisabnya manusia untuk dibalas sesuai amal-amal mereka.
Seluruh permintaan Nabi Ibrahim ini dikabulkan oleh Allah kecuali doanya untuk bapaknya yang kafir dan memusuhi Allah 'Azza wa JallaMenurut Ibnu Katsir r.a., do'a Nabi Ibrahim untuk kedua orang tuanya ini dipanjatkan sebelum ada perintah dari Allah untuk berlepas diri dari bapaknya.
                      ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                          “Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga bermanfaat.
Sumber: 1001 Tanya-Jawab Tentang Al-Qur'an, Qasim Asyur
sumber : jadipintar.com 

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas saran & kritiknya !!

Luas Lingkaran

MENGHITUNG LUAS LINGKARAN

Nilai jari-jari   = 

Terbaru

Lokasi Master of Tutorial

Anda Pengunjung ke :

Translate

Google+ Badge

Google+ Followers

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.